Mobil Listrik Daihatsu Mulai Tes Jalan, Pakai Basis eMO EV
05 Mei 2025, 17:13 WIB
Penjualan Daihatsu di April 2025 mengalami penurunan cukup dalam namun masih berhasil kuasai podium kedua
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Mengawali kuartal II 2025, penjualan Daihatsu langsung mengalami tekanan cukup besar dari pasar. Pasalnya permintaan kendaraan di Indonesia secara keseluruhan mengalami penurunan.
Pada Maret 2025, retail sales mobil adalah sebesar 76.582 unit sementara di April turun menjadi 57.031 unit. Sehingga total penjualan di empat bulan pertama cuma 267.514 unit.
Situasi tersebut pun sangat dirasakan Daihatsu yang hanya mampu meraih penjualan retail sebesar 9.801 unit. Jumlah itu turun drastis dibanding pencapaian di bulan sebelumnya yaitu 13.111 unit.
Berdasarkan data Gaikindo, catatan itu merupakan yang terendah dalam empat bulan pertama 2025. Meski demikian mereka masih menjadi pabrikan terlaris kedua di Indonesia.
Berdasarkan data yang disampaikan perusahaan, Sigra masih menjadi tulang punggung dengan catatan sebanyak 3.215 unit. Berkat ini maka total Januari hingga April 2025 adalah sebesar 14.809 unit atau menyumbang 32 persen.
Model terlaris kedua diisi Gran Max Pick Up yang terjual 2.530 unit. Total unit terkirim dalam empat bulan pertama adalah sebanyak 12.126 unit atau setara 26 persen dari total pasar Daihatsu.
Sementara Daihatsu Terios jadi model terlaris ketiga dengan penjualan sebesar 1.198 unit. Total retail sales Januari – April 2025 adalah 5.637 unit atau mencapai 12 persen.
Kemudian 2.858 unit lainnya berasal dari model lain yang tidak dirinci oleh Daihatsu.
Perlu diketahui bahwa total penjualan Daihatsu di April 2025 adalah sebanyak 46.718 unit dan menguasai 17,5 persen dari pasar mobil Indonesia. Jumlah itu turun cukup dalam dibanding periode serupa tahun lalu yang sebesar 61.566 unit atau setara 21,3 persen permintaan nasional.
Meski demikian mereka tetap optimis bisa memperbaiki kondisi di Mei 2025. Caranya adalah dengan memberikan beragam kemudahan sehingga masyarakat merasa ringan dalam melakukan pembelian kendaraan.
“Kami berkomitmen memberikan penawaran dan layanan sesuai dengan kebutuhan. Terlebih situasi pasar saat ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat strategi dalam memahami harapan pelanggan,” ujar Tri Mulyono, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation dalam keterangan resminya (14/05).
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
05 Mei 2025, 17:13 WIB
24 April 2025, 08:00 WIB
23 April 2025, 09:00 WIB
22 April 2025, 07:00 WIB
21 April 2025, 12:00 WIB
Terkini
14 Mei 2025, 08:00 WIB
BYD masih memimpin di April 2025, berikut kami rangkum data lengkap penjualan merek mobil Cina di April 2025
14 Mei 2025, 07:00 WIB
20 mobil terlaris April 2025 semakin beragam karena ada empat kendaraan listrik yang berhasil masuk daftar
14 Mei 2025, 06:16 WIB
SIM Keliling Bandung melayani masyarakat di Kota Kembang yang ingin mengurus dokumen berkendara hari ini
14 Mei 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 14 Mei 2025 kembali digelar setelah sempat dihentikan karena adanya libur Waisak
14 Mei 2025, 06:00 WIB
Ada dispensasi perpanjangan pasca libur Waisak, simak jadwal dan lokasi SIM keliling Jakarta hari ini
13 Mei 2025, 21:00 WIB
Nissan dikabarkan tengah dilanda badai PHK, mereka berencana merumahkan sampai 20 ribu karyawan secara global
13 Mei 2025, 20:47 WIB
Satu unit mobil listrik Seal terbakar di kawasan Palmerah, BYD akan selidiki lebih dalam penyebabnya
13 Mei 2025, 19:00 WIB
Menjelajah pulau Dewata, Bali menggunakan Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid untuk mencoba fitur-fiturnya