Daftar Mobil Baru BMW dan Mini di GIIAS 2024, Ada Promo Menarik
22 Juli 2024, 15:00 WIB
Terdapat tiga merek mobil premium, penjualan BMW Group secara global mengalami pertumbuhan sepanjang 2021
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Menjadi pemimpin pasar kendaraan premium di Tanah Air, penjualan BMW Group Indonesia berhasil mengalami pertumbuhan sepanjang 2021. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan BMW dan Mini berhasil tumbuh 21 persen menjadi 3.102 unit sepanjang 2021.
Dari penjulan tersebut, BMW berhasil tumbuh 17 persen menjadi 2.433 unit dan Mini sebesar 39 persen atau 669 unit.
Sejalan dengan hal ini, pertumbuhan penjualan secara global juga terjadi. Pada periode yang sama, BMW Group membukukan pertumbuhan penjualan year-on-year sebesar 8,4 persen di 2021 atau 2.521.525 unit BMW, Mini, dan Rolls-Royce.
Penjualan BMW mencapai rekor tertinggi, karena menyentuh angka 2.213.795 unit atau naik 9,1 persen. Tak heran, tahun lalu BMW berhasil memimpin segmen premium secara global dan tumbuh hingga 133,2 persen untuk kendaraan listrik.
"Kami berhasil menutup tahun dengan pertumbuhan sebesar 21 persen (year-on-year), berkat program penawaran serta strategi yang berorientasi pada pelanggan. BMW memimpin kompetisi di segmen kendaraan premium Indonesia dan mengungguli semua kompetitornya," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indnesia.
Khusus pasar otomotif Tanah Air, BMW menawarkan layanan premium dan menyiapkan solusi digital melalui Contactless Service. Pelayanan ini memungkinkan pelanggan melakukan perawatan dan servis kendaraan serta menerima update informasi detail terkait kondisi kendaraan melalui video dari tim servis.
"BMW Group Indonesia juga buktikan posisinya sebagai pelopor dalam interaksi virtual dan online, kami juga meluncurkan sebanyak lebih dari 28 model BMW dan MINI baru sepanjang 2021,” ujar Ramesh.
Dari sisi model, BMW Sports Activity Vehicle (SAV) mampu berkontribusi hingga 54 persen dari total penjualan. Ketiga model tersebut meliputi BMW X1 sebesar 27 persen, BMW Seri 3 25 persen dan BMW Seri 5 11 persen.
Sepanjang 2021, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles berhasil memecahkan rekor dengan penjualan 132 unit. Ketiga model BMW M teratas ialah BMW M2 Competition sebesar 30 persen, BMW M4 Competition Coupe 18 persen, dan BMW M3 Competition 14 persen.
Untuk penjualan Mini, terdapat tiga yang menjadi tulang punggung di 2021, yakni Mini Countryman rakitan lokal dengan kontribusi 38 persen, Mini 3 Door 35 persen dan Mini 5 Door 10 persen.
"Tahun ini, BMW Group Indonesia akan meluncurkan tidak hanya satu melainkan tiga kendaraan listrik flagship inovatif, yakni BMW i4, BMW iX, dan Mini Electric. Peluncuran model-model ini dan fokus keseluruhan pada BMW i menekankan fakta bahwa 2022 adalah tahun E-Mobility,” tutur Ramesh.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
22 Juli 2024, 15:00 WIB
06 Juni 2024, 08:00 WIB
17 Mei 2024, 09:01 WIB
16 Mei 2024, 13:00 WIB
06 Mei 2024, 14:49 WIB
Terkini
17 November 2024, 22:00 WIB
Hyundai Ioniq 9 bakal jadi saudara Kia EV9, ada beberapa perbedaan antara versi produksi dengan konsepnya
17 November 2024, 21:25 WIB
Jorge Martin sukses menjadi juara dunia MotoGP 2024 meski tidak berhasil memenangi seri Barcelona 2024
17 November 2024, 14:00 WIB
Dinas Perhubungan siapkan rekayasa lalu lintas saat debat Pilkada Jakarta untuk hindari terjadi kepadatan
17 November 2024, 10:02 WIB
Suzuki Ertiga Hybrid bekas lansiran 2023 makin banyak pilihan dengan beragam kemudahan seperti DP Rp 10 juta
17 November 2024, 08:30 WIB
Bakal diperkenalkan dan bisa dipesan oleh konsumen, Ford siap hadirkan Ranger Raptor 3.000 cc di GJAW 2024
17 November 2024, 07:35 WIB
Francesco Bagnaia menilai Jorge Martin cukup tertekan saat Sprint Race sehingga gagal tampil maksimal
16 November 2024, 18:00 WIB
Merupakan purwarupa dengan tampilan unik, Mitsubishi e-Evolution Concept berpeluang hadir di GJAW 2024
16 November 2024, 17:00 WIB
Harley-Davidson baru saja memamerkan dua konsep motor listrik baru dari merek LiveWire buat diluncurkan 2026