BMW Tak Gentar Hadapi Kondisi Pasar yang Belum Stabil
10 Mei 2025, 08:00 WIB
Terdapat tiga merek mobil premium, penjualan BMW Group secara global mengalami pertumbuhan sepanjang 2021
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Menjadi pemimpin pasar kendaraan premium di Tanah Air, penjualan BMW Group Indonesia berhasil mengalami pertumbuhan sepanjang 2021. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan BMW dan Mini berhasil tumbuh 21 persen menjadi 3.102 unit sepanjang 2021.
Dari penjulan tersebut, BMW berhasil tumbuh 17 persen menjadi 2.433 unit dan Mini sebesar 39 persen atau 669 unit.
Sejalan dengan hal ini, pertumbuhan penjualan secara global juga terjadi. Pada periode yang sama, BMW Group membukukan pertumbuhan penjualan year-on-year sebesar 8,4 persen di 2021 atau 2.521.525 unit BMW, Mini, dan Rolls-Royce.
Penjualan BMW mencapai rekor tertinggi, karena menyentuh angka 2.213.795 unit atau naik 9,1 persen. Tak heran, tahun lalu BMW berhasil memimpin segmen premium secara global dan tumbuh hingga 133,2 persen untuk kendaraan listrik.
"Kami berhasil menutup tahun dengan pertumbuhan sebesar 21 persen (year-on-year), berkat program penawaran serta strategi yang berorientasi pada pelanggan. BMW memimpin kompetisi di segmen kendaraan premium Indonesia dan mengungguli semua kompetitornya," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indnesia.
Khusus pasar otomotif Tanah Air, BMW menawarkan layanan premium dan menyiapkan solusi digital melalui Contactless Service. Pelayanan ini memungkinkan pelanggan melakukan perawatan dan servis kendaraan serta menerima update informasi detail terkait kondisi kendaraan melalui video dari tim servis.
"BMW Group Indonesia juga buktikan posisinya sebagai pelopor dalam interaksi virtual dan online, kami juga meluncurkan sebanyak lebih dari 28 model BMW dan MINI baru sepanjang 2021,” ujar Ramesh.
Dari sisi model, BMW Sports Activity Vehicle (SAV) mampu berkontribusi hingga 54 persen dari total penjualan. Ketiga model tersebut meliputi BMW X1 sebesar 27 persen, BMW Seri 3 25 persen dan BMW Seri 5 11 persen.
Sepanjang 2021, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles berhasil memecahkan rekor dengan penjualan 132 unit. Ketiga model BMW M teratas ialah BMW M2 Competition sebesar 30 persen, BMW M4 Competition Coupe 18 persen, dan BMW M3 Competition 14 persen.
Untuk penjualan Mini, terdapat tiga yang menjadi tulang punggung di 2021, yakni Mini Countryman rakitan lokal dengan kontribusi 38 persen, Mini 3 Door 35 persen dan Mini 5 Door 10 persen.
"Tahun ini, BMW Group Indonesia akan meluncurkan tidak hanya satu melainkan tiga kendaraan listrik flagship inovatif, yakni BMW i4, BMW iX, dan Mini Electric. Peluncuran model-model ini dan fokus keseluruhan pada BMW i menekankan fakta bahwa 2022 adalah tahun E-Mobility,” tutur Ramesh.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
10 Mei 2025, 08:00 WIB
07 Mei 2025, 19:00 WIB
14 April 2025, 18:20 WIB
25 Maret 2025, 11:00 WIB
23 Januari 2025, 17:00 WIB
Terkini
19 Mei 2025, 10:00 WIB
Suzuki Fronx bakal segera diluncurkan pada 28 Mei 2025, kisaran harganya mulai diungkap oleh tenaga penjual
19 Mei 2025, 09:00 WIB
Mitsubishi yakin kuasai 10 persen pasar di Indonesia pada 2025 berkat kehadiran model baru yang akan diluncurkan
19 Mei 2025, 08:00 WIB
Mobil Lubricants resmi memberikan dukungan mereka untuk ajang balap Porsche Sprint Challenge Indonesia 2025
19 Mei 2025, 07:00 WIB
Tol Jakarta Cikampek kembali diperbaiki di tiga titik sekaligus dan rencananya rampung di akhir pekan
19 Mei 2025, 06:00 WIB
Terdapat dua lokasi SIM keliling Bandung yang bisa dipilih masyarakat untuk mengurus dokumen berkendara
19 Mei 2025, 06:00 WIB
Lima lokasi SIM keliling Jakarta bisa dimanfaatkan hari ini, simak informasi termasuk syarat dan biayanya
19 Mei 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 19 Mei 2025 bakal digelar di puluhan ruas jalan utama Ibu Kota yang kerap padat di jam sibuk
18 Mei 2025, 21:00 WIB
Motul 300V yang dikembangkan dari dunia balap, diluncurkan di sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat