Penjualan All New Xenia 2022 Belum Seindah Harapan di GIIAS 2021

Pada pameran otomotif tahunan GIIAS 2021, Daihatsu tidak bisa memaksimalkan penjualan all new Xenia 2022

Penjualan All New Xenia 2022 Belum Seindah Harapan di GIIAS 2021
  • Oleh Adi Hidayat

  • Minggu, 28 November 2021 | 07:00 WIB

TRENOTO – Kehadiran all new Xenia 2022 di pameran otomotif berskala internasional rupanya masih belum cukup mengangkat penjualan Daihatsu di pameran tersebut secara keseluruhan. Pasalnya berdasarkan data yang kami dapatkan, penjualan Daihatsu hanya mencapai 504 unit.

Jumlah ini hanya menempatkan Daihatsu sebagai APM peringkat 9 penjualan terbesar, jauh di bawah Toyota yang berhasil menjadi jawara dengan perolehan 4.502 SPK. Daihatsu bahkan berada di bawah Mazda yang tidak membawa mobil baru dengan jumlah penjualan sebesar 607 SPK.

Daihatsu Xenia generasi terbaru diluncurkan di GIIAS 2021 dan menjadi andalan untuk menarik minat pengunjung datang ke booth. Langkah tersebut sebenarnya cukup efektif karena pada kenyataannya, booth Daihatsu cukup ramai dikunjungi orang.

Photo : Trenoto

Namun dari segi penjualan, Daihatsu hanya menyumbang 20 persen dari total penjualan atau sekitar 100 unit. Penjualan terbesar justru datang dari Daihatsu Rocky yang telah diluncurkan pada pertengahan tahun ini.

“Penjualan terbesar adalah Daihatsu Rocky sekitar 21 persen, setelah itu ada Xenia 20 persen dan Daihatu Terios yang juga sekitar 20 persen,” ungkap Rudy Ardiman, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Ia mengatakan bahwa meski bukan menjadi mobil terlaris, Low MPV andalan Daihatsu ini tetap mendapat respon positif dari masyarkat. Hanya saja, perlu sedikit waktu tambahan untuk membuat seseorang memutuskan untuk membeli sebuah mobil.

Photo : Trenoto

“Kalau dari respon sebenarnya sangat baik, tapi membeli mobil itu tidak bisa hanya dari brosur atau baca-baca saja. Membeli mobil itu masih harus melihat secara langsung, menyentuhnya, mencoba kemudian baru membelinya,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Daihatsu mematok penjualan sebesar 2 kali lipat dibandingkan model sebelumnya atau sekitar 2.000 hingga 2.500 unit per bulan. Jumlah ini diyakini bisa tercapai setelah unit Daihatsu Xenia tersebar merata.

Daihatsu Xenia resmi meluncur di Indonesia pada GIIAS 2021 dan sudah menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Mobil ini dilengkapi dengan 2 pilihan mesin berkapasitas 1.3L dan 1.5L.

Namun ubahan paling menarik adalah pada fitur keselamatannya. Daihatsu sudah menyematkan A.S.A (Advanced Safety Assist) yang menjadi andalannya saat ini. Dengan teknologi ini maka Daihatsu Xenia memiliki enam fitur keselamatan aktif yaitu Collision Warning Function, Hill-Start Assist, Pedal Misoperation Control, Leading Vehicle Departure Warning, Lane Departure Warning, dan Lane Departure.


Terkini

news
Rekayasa lalu lintas

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Sambut Sidang Tahunan MPR

Polisi siapkan rekayasa lalu lintas untuk menyambut sidang tahunan MPR yang berlangsung pada 15 Agustus 2025

mobil
Daihatsu Rocky Hybrid

Harga Daihatsu Rocky Hybrid Naik, Inden Hingga Tahun Depan

Harga Daihatsu Rocky Hybrid resmi naik Rp 5 jutaan menjadi Rp 299,85 juta dengan waktu inden yang cukup panjang

mobil
Rencana Pembangunan Pabrik Chery Belum Menemukan Titik Terang

Mobil Listrik Penuh Radiasi, ASEAN NCAP Beri Tanggapan

ASEAN NCAP memberi tanggapan terkait beredarnya video yang memperlihatkan bahwa mobil listrik penuh radiasi

mobil
Wuling Almaz Darion Terdaftar di Indonesia, Ada Varian Listriknya

Wuling Almaz Darion Terdaftar di Indonesia, Ada Varian Listriknya

Wuling Almaz Darion mulai terdaftar di Indonesia, mobil ini tersedia dalam dua varian yakni EV serta PHEV

mobil
Kata Gaikindo soal Mobil Nasional RI: Tergantung Pemerintah

Kata Gaikindo soal Mobil Nasional RI: Tergantung Pemerintah

Mobil nasional bantu penjualan kendaraan roda empat di Malaysia, Indonesia berpeluang lakukan hal serupa

mobil
Perang Harga Mobil Listrik Bisa Bikin Kepercayaan Konsumen Turun

Perang Harga Mobil Listrik Bisa Bikin Kepercayaan Konsumen Turun

Jika perang harga mobil listrik dilakukan dalam waktu yang lama berpotensi bakal merugikan para konsumen

mobil
BYD

BYD dan Denza Dominasi Pasar Mobil Listrik Indonesia di Awal 2025

BYD dan Denza menguasai 53 persen pasar mobil listrik di awal 2025 dengan penjualan mencapai 22.600 unit

mobil
BYD Atto 1

Alasan BYD Belum Umumkan Data Pemesanan Atto 1 

Meski diakui cukup dominan, BYD belum mau umumkan data pemesanan Atto 1 yang baru diluncurkan di GIIAS 2025