Isuzu Bellel, Mobil Penumpang Bermesin Diesel Pertama di Jepang
13 November 2025, 18:00 WIB
Menjadi bagian dari kegiatan CSR, Isuzu ajak anak muda lebih mengerti SDGs lewat lomba poster nasional
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia) agelar lomba poster perdana di 2023 sebagai bagian dari kegiatan CSR (corporate social responsibility). Isuzu ajak anak muda pahami SDGs (Sustainable Development Goals) lewat kompetisi tersebut.
SDGs atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, singkatnya merupakan kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan ke arah pembangunan berkelanjutan berdasarkan asas HAM hingga lingkungan hidup.
Energi bersih dan terbarukan sebagai bagian dari tujuan SDGs, merupakan hal yang lekat dengan Isuzu dalam perjalanannya selama di Tanah Air. Misalnya dengan mengikuti standar Euro4 untuk kendaraannya di Tanah Air.
Diikuti oleh 100 sekolah vokasi telah berhasil disaring sebanyak tiga peserta finalis yang diundang langsung ke booth untuk mendengarkan pengumuman juara.
Sebelumnya lomba ini diikuti oleh pelajar dari berbagai daerah Tanah Air mulai dari Provinsi Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.
Membawa hasil desain poster bertemakan SDGs 2030, juara tiga diraih oleh Khansa Yuenna yang adalah seorang tunarungu dari SMKN 1 Bekasi. Kemudian Lailatusholiha menempati juara kedua dan posisi pertama dimenangkan Firza Maulana.
Muhammad Ichsan Fajrianto, CSR Working Group Leader of Isuzu Supply Chain Partner mengatakan bahwa kegiatan kompetisi ini merupakan yang pertama kalinya digelar oleh Isuzu.
Menurutnya ada beberapa hal yang jadi pemicu mengapa akhirnya diputuskan untuk menggandeng anak muda melalui lomba ini.
“Kita mau tekankan kepada pelajar agar mereka bisa punya awareness tinggi terhadap SDGs 2030. Karena masih banyak orang yang belum mengerti,” ucap Ichsan kepada TrenOto di JCC Senayan, Rabu (15/03).
Ichsan mengatakan bahwa peserta yang hadir dan mempresentasikan karyanya telah melakukan riset dan memahami poin-poin penting dari SDGs. Mengutip dari laman resmi Unicef, totalnya ada 17 poin.
Setiap peserta memilih poin sesuai dengan tujuan dan makna poster yang dibuat. Ichsan melanjutkan, ketiga finalis tersebut telah disaring dari seluruh Indonesia.
Mengingat bahwa pemahaman terhadap SDGs dan khususnya manfaat energi bersih terbarukan, Ichsan percaya hal tersebut butuh konsistensi dan kegiatan rutin perlu dilakukan.
“Kita akan adakan lagi di kuartal ketiga rencananya. (Kegiatannya) desain poster juga, karena ini kan baru awal tapi SDGs secara awareness kalau hanya sekali sepertinya kurang,” tegasnya.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
13 November 2025, 18:00 WIB
05 November 2025, 14:27 WIB
04 November 2025, 16:35 WIB
04 November 2025, 11:00 WIB
03 November 2025, 12:11 WIB
Terkini
25 November 2025, 19:00 WIB
Toyota Indonesia ungkap alasan mengapa menjadi pasar terbesar di Asia Tenggara sangat penting untuk industri
25 November 2025, 17:29 WIB
Shell Indonesia dikabarkan sudah memasuki tahap akhir negosiasi dengan Pertamina untuk mendapatkan stok BBM
25 November 2025, 16:59 WIB
Seorang teknisi Yamaha asal Medan berhasil menyabet posisi ketiga dalam ajang WTGP 2025 beberapa waktu lalu
25 November 2025, 16:34 WIB
Mobil listrik Changan dipasarkan dengan status rakitan lokal, sudah memenuhi persyaratan TKDN 40 persen
25 November 2025, 14:00 WIB
Lamborghini Urus SE PHEV debut di Cina, disebut sebagai pasar yang potensial dan strategis buat mereka
25 November 2025, 13:28 WIB
Jetour ingin menguatkan jaringan diler serta layanan, agar para pengguna T2 di Tanah Air merasa di manjakan
25 November 2025, 11:00 WIB
BYD Racco sempat mencuri perhatian para pencinta otomotif setelah resmi diluncurkan dalam ajang JMS 2025
25 November 2025, 10:00 WIB
Target penjualan mobil sebesar 850 ribu unit disebut terlalu optimistis, Mitsubishi berikan prediksinya