GAC E9 PHEV Dijadwalkan Meluncur di Indonesia Akhir 2025

MPV calon pesaing Toyota Alphard HEV, GAC E9 PHEV direncanakan meluncur di Indonesia pada akhir 2025

GAC E9 PHEV Dijadwalkan Meluncur di Indonesia Akhir 2025

KatadataOTO – Multi Purpose Vehicle (MPV) GAC E9 PHEV sempat dipamerkan oleh pihak manufaktur saat peresmian pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat.

Model yang sama kemudian hadir juga di perhelatan GIIAS 2025. Tetapi GAC E9 PHEV ternyata belum dijual ke konsumen.

Meskipun begitu pihak GAC menegaskan calon pesaing Toyota Alphard itu bakal tetap dihadirkan ke pelanggan dalam negeri dalam waktu dekat.

“GAC E9 PHEV adalah rencana kami. Mungkin harapannya di kuartal keempat (tahun ini) atau awal tahun depan,” kata Major Qin, Chief Operating Officer GAC Indonesia saat ditemui di sela GIIAS 2025 belum lama ini.

E9 PHEV
Photo : KatadataOTO

Hanya saja Major masih menutup rapat informasi soal waktu pasti peluncuran GAC E9 PHEV. 

Namun dia memastikan pihak manufaktur bakal melakukan perakitan lokal MPV itu di fasilitas perakitan mereka.

Namun model yang diprioritaskan untuk perakitan lokal adalah Aion V, Hyptec HT lalu Aion UT. Menurut Major, Aion Y Plus juga akan dipertimbangkan untuk CKD (Completely Knocked Down).

“(GAC E9 PHEV) tidak diimpor utuh. Kami akan merakitnya di sini,” tegas Major menutup perkataannya.

Sekadar informasi, GAC E9 PHEV sudah tersedia dalam konfigurasi setir kanan atau Right Hand Drive (RHD).

Di Asia Tenggara, GAC E9 PHEV sudah diluncurkan lebih dulu di Hong Kong pada November 2024.

Dari segi  dimensi, GAC E9 PHEV memiliki ukuran P x L x T di 5.212 mm x 1.893 mm x 1.823 mm serta jarak sumbu roda 3.070 mm.

Berkat ukurannya yang terbilang besar, mobil tersebut memiliki kabin lega yang sesuai dengan peruntukkan MPV.

Kenyamanan juga ditunjang oleh penggunaan Electromagnetic Damping Suspension atau EDS, membantu meredam guncangan di kabin selama perjalanan.

E9 PHEV
Photo : KatadataOTO

Soal jantung pacu, GAC PHEV dibenamkan mesin berkubikasi 2.000 cc dengan tenaga 188 hp dan torsi puncak 330 Nm. 

Namun ada dukungan teknologi hybrid yakni baterai Magazine Battery 2.0 berkapasitas 25,67 kWh, tawarkan daya jelajah listrik murni 106 km sementara klaim jarak tempuh komprehensifnya 1.032 km.

Kombinasi mesin dan motor elektrik diklaim dapat memuntahkan tenaga 367 hp dan torsi 630 Nm.


Terkini

mobil
Aion UT Raup 2.000 SPK, Dikirim Oktober dan Sudah CKD

Aion UT Raup 2.000 SPK, Dikirim Oktober dan Sudah CKD

Mobil listrik Aion UT sudah mendapatkan lebih dari 2.000 SPK, varian Premium disebut berkontribusi banyak

mobil
Harga Arcfox T1 Diungkap, Calon Pesaing BYD di Indonesia

Harga Arcfox T1 Diungkap, Calon Pesaing BYD Dolphin di Indonesia

Mobil listrik Arcfox T1 resmi diluncurkan dengan harga kompetitif, bakal masuk Indonesia tahun depan

news
Kecelakaan Bus RS Bina Sehat, Kemampuan Sopir Jadi Pertanyaan

Kecelakaan Bus RS Bina Sehat, Kemampuan Sopir Jadi Pertanyaan

Sebuah kecelakaan terjadi melibatkan satu bus RS Bina Sehat Jember, mengakibatkan delapan orang meninggal

news
Kemacetan TB Simatupang

Uji Coba Penambahan Lajur di TB Simatupang Bakal Dievaluasi Berkala

Uji coba penambahan lajur di TB Simatupang bakal dievaluasi secara berkala oleh pemerintah DKI Jakarta

motor
Delapan Bulan Tanpa Insentif, Begini Nasib Industri Motor Listrik

Insentif Tak Jelas, Industri Motor Listrik Bakal Dihantui PHK

Menurut Aismoli, industri motor listrik kian terhimpit akibat insentif dari pemerintah tak kunjung dicairkan

mobil

Koleksi Mobil Klasik Berbuah Cuan Berlimpah

Koleksi mobil Defender klasik mampu memberikan untuk berlebih

otosport
Bos Ducati Makin Frustasi, Francesco Bagnaia Tak Kunjung Bangkit

Bos Ducati Makin Frustasi, Francesco Bagnaia Tak Kunjung Bangkit

Rider Ducati, Francesco Bagnaia masih terus mengalami kesulitan di saat rekan setimnya mendulang poin

otosport
Klasemen Sementara MotoGP 2025: Marquez Tatap Gelar Juara Dunia

Klasemen Sementara MotoGP 2025: Marquez Tatap Gelar Juara Dunia

Marc Marquez berhasil memecahkan rekor dengan mencetak 512 poin di papan klasemen sementara MotoGP 2025