Inspirasi Modifikasi Daihatsu Terios Offroad, Tampil Makin Garang
20 Mei 2025, 22:23 WIB
Daihatsu menyambangi langsung konsumen setianya di tempat-tempat yang tidak biasa dilakukan merek lain
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Penjualan mobil baru di Indonesia tengah melambat. Kondisi ekonomi di Tanah Air yang tidak stabil menjadi salah satu penyebabnya.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim bahwa mereka memiliki pendekatan berbeda ke konsumen. Langkah yang dipilih dikarenakan segmentasi merek asal Jepang ini merupakan first car buyer.
“Mungkin yang teman-teman harus tahu, cara kita pameran tidak di mall. Tapi di SPBU dan pasar tradisional,” kata Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director ADM di Jakarta Selatan, Selasa (20/05).
Konsumen di segmen first car buyer merupakan masyarakat baru naik kelas. Secara umum merupakan calon pengguna sepeda motor dan ingin memiliki mobil pertamanya.
Lalu pelanggan ADM juga tidak jarang dari kalangan UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Sehingga teknik pemasaran yang digunakan terbilang unik.
Pabrikan mobil lain banyak melakukan pameran di pusat perbelanjaan. Mereka menyasar masyarakat di kalangan menengah hingga atas sesuai dengan lokasi mall.
Cara tersebut diakui tidak berlaku bagi Daihatsu untuk menemukan para pembeli. Terlebih penjualan produk-produk berlambang D didominasi kredit.
“Kalau di Daihatsu kurang lebih kita 80 persen kredit. Jadi edukasinya mesti di tempat-tempat yang memang Daihatsu Segmen,” tutur Agung.
Lebih jauh disampaikan jika konsumen first car buyer di daerah harus dipandu para tenaga penjual. Sehingga pada akhir langkah terjadi pembelian oleh konsumen.
“Itu (pendampingan) yang kita lakukan. Kemarin kita baru pergi ke beberapa kota dan disaksikan prinsipal,” jelasnya
Penjualan Daihatsu April 2025
Memasuki bulan keempat di 2025, brand asal negeri Sakura ini masih kokoh menempati posisi kedua produsen terlaris.
Meskipun terdapat penurunan pada April 2025, namun mereka sudah mengirimkan 46.718 unit ke konsumen (retail sales).
Market share Daihatsu di pasar otomotif nasional sebesar 17.5 persen. Angka tersebut tidak mengalami ubahan sejak tahun lalu.
Jagoan andalan mereka tidak lain adalah Daihatsu Sigra. MPV 7 penumpang berbanderol terjangkau tersebut berhasil dipasarkan sebanyak 14 ribuan unit.
Sedangkan produk kedua terlaris adalah Daihatsu Gran Max Pikap. Mobil niaga ringan ini terjual sebanyak 12 ribuan unit.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
20 Mei 2025, 22:23 WIB
20 Mei 2025, 08:00 WIB
19 Mei 2025, 14:00 WIB
18 Mei 2025, 18:00 WIB
15 Mei 2025, 08:00 WIB
Terkini
21 Mei 2025, 06:00 WIB
Keberadaan SIM keliling Bandung hari ini bisa dimanfaatkan para pengendara motor dan mobil di Kota Kembang
21 Mei 2025, 06:00 WIB
Perpanjangan SIM A dan C bisa dilakukan dengan mudah di fasilitas SIM keliling Jakarta, simak informasinya
21 Mei 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 21 Mei 2025 diselenggarakan dengan beragam pengawasan ketat dari pihak kepolisian
20 Mei 2025, 22:23 WIB
Modifikasi Terios bergaya offroad menarik perhatian di Daihatsu Kumpul Sahabat 2025, simak detailnya
20 Mei 2025, 21:00 WIB
Suzuki mengungkap kalau penjualan kendaraan mereka sepanjang April 2025 ditopang oleh deretan mobil hybrid
20 Mei 2025, 20:00 WIB
Honda kurangi investasi pada mobil listrik akibat adanya perlambatan permintaan secara global dan beralih ke hybrid
20 Mei 2025, 19:00 WIB
Gambar dari Nissan Juke generasi ketiga mulai diperlihatkan dengan desain yang lebih agresif dan tajam
20 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota dikabarkan buka komunikasi dengan Nissan untuk mencari kemungkinan kerja sama dalam waktu dekat