Daihatsu Midget X Concept, Bemo Futuristik Dari Masa Depan
31 Oktober 2025, 07:00 WIB
Daihatsu menyambangi langsung konsumen setianya di tempat-tempat yang tidak biasa dilakukan merek lain
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Penjualan mobil baru di Indonesia tengah melambat. Kondisi ekonomi di Tanah Air yang tidak stabil menjadi salah satu penyebabnya.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim bahwa mereka memiliki pendekatan berbeda ke konsumen. Langkah yang dipilih dikarenakan segmentasi merek asal Jepang ini merupakan first car buyer.
“Mungkin yang teman-teman harus tahu, cara kita pameran tidak di mall. Tapi di SPBU dan pasar tradisional,” kata Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director ADM di Jakarta Selatan, Selasa (20/05).
Konsumen di segmen first car buyer merupakan masyarakat baru naik kelas. Secara umum merupakan calon pengguna sepeda motor dan ingin memiliki mobil pertamanya.
Lalu pelanggan ADM juga tidak jarang dari kalangan UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Sehingga teknik pemasaran yang digunakan terbilang unik.
Pabrikan mobil lain banyak melakukan pameran di pusat perbelanjaan. Mereka menyasar masyarakat di kalangan menengah hingga atas sesuai dengan lokasi mall.
Cara tersebut diakui tidak berlaku bagi Daihatsu untuk menemukan para pembeli. Terlebih penjualan produk-produk berlambang D didominasi kredit.
“Kalau di Daihatsu kurang lebih kita 80 persen kredit. Jadi edukasinya mesti di tempat-tempat yang memang Daihatsu Segmen,” tutur Agung.
Lebih jauh disampaikan jika konsumen first car buyer di daerah harus dipandu para tenaga penjual. Sehingga pada akhir langkah terjadi pembelian oleh konsumen.
“Itu (pendampingan) yang kita lakukan. Kemarin kita baru pergi ke beberapa kota dan disaksikan prinsipal,” jelasnya
Penjualan Daihatsu April 2025
Memasuki bulan keempat di 2025, brand asal negeri Sakura ini masih kokoh menempati posisi kedua produsen terlaris.
Meskipun terdapat penurunan pada April 2025, namun mereka sudah mengirimkan 46.718 unit ke konsumen (retail sales).
Market share Daihatsu di pasar otomotif nasional sebesar 17.5 persen. Angka tersebut tidak mengalami ubahan sejak tahun lalu.
Jagoan andalan mereka tidak lain adalah Daihatsu Sigra. MPV 7 penumpang berbanderol terjangkau tersebut berhasil dipasarkan sebanyak 14 ribuan unit.
Sedangkan produk kedua terlaris adalah Daihatsu Gran Max Pikap. Mobil niaga ringan ini terjual sebanyak 12 ribuan unit.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
31 Oktober 2025, 07:00 WIB
29 Oktober 2025, 23:00 WIB
29 Oktober 2025, 19:22 WIB
28 Oktober 2025, 21:37 WIB
28 Oktober 2025, 12:00 WIB
Terkini
02 November 2025, 15:00 WIB
Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan pengendara motor ketika cuaca ekstrem tengah melanda Indonesia
02 November 2025, 13:00 WIB
Artis Onadio Leonardo punya tiga unit mobil Eropa yang digunakan untuk mobilitas sehari-hari, ini detailnya
02 November 2025, 12:31 WIB
Naik kelas ke GP Moto3 tentu memiliki tantangan lebih berat bagi Veda Ega Pratama, proses adaptasi dan latihan menjadi kunci
02 November 2025, 12:18 WIB
Hasil kualifikasi memuaskan diraih Veda Ega Pratama di JuniorGP Catalunya 2025, start di posisi 5 dan optimis raih podium
02 November 2025, 11:00 WIB
Toyota Kijang Innova diesel masih menjadi pilihan menarik untuk masyarakat yang butuh mobil dengan performa optimal
02 November 2025, 09:00 WIB
Geely Starray EM-i rakitan pabrik HIM telah didistribusikan kepada para konsumen di seluruh Indonesia
02 November 2025, 07:00 WIB
Mitsubishi Xpander bekas lansiran 2023 dijual dengan harga yang cukup terjangkau karena bisa dibeli mulai 290 jutaan
01 November 2025, 19:00 WIB
Mayoritas mobil Cina kini menawarkan banyak teknologi terkini untuk memanjakan para konsumen di seluruh dunia