Cara Unik Daihatsu Temukan Pembelinya Berbeda dari Merek Lain

Daihatsu menyambangi langsung konsumen setianya di tempat-tempat yang tidak biasa dilakukan merek lain

Cara Unik Daihatsu Temukan Pembelinya Berbeda dari Merek Lain

KatadataOTO – Penjualan mobil baru di Indonesia tengah melambat. Kondisi ekonomi di Tanah Air yang tidak stabil menjadi salah satu penyebabnya.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim bahwa mereka memiliki pendekatan berbeda ke konsumen. Langkah yang dipilih dikarenakan segmentasi merek asal Jepang ini merupakan first car buyer.

“Mungkin yang teman-teman harus tahu, cara kita pameran tidak di mall. Tapi di SPBU dan pasar tradisional,” kata Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director ADM di Jakarta Selatan, Selasa (20/05).

Konsumen di segmen first car buyer merupakan masyarakat baru naik kelas. Secara umum merupakan calon pengguna sepeda motor dan ingin memiliki mobil pertamanya.

Daihatsu Bersiap Hadapi Peniadaan Diskon Opsen di Sejumlah Daerah
Photo : ADM

Lalu pelanggan ADM juga tidak jarang dari kalangan UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Sehingga teknik pemasaran yang digunakan terbilang unik.

Pabrikan mobil lain banyak melakukan pameran di pusat perbelanjaan. Mereka menyasar masyarakat di kalangan menengah hingga atas sesuai dengan lokasi mall.

Cara tersebut diakui tidak berlaku bagi Daihatsu untuk menemukan para pembeli. Terlebih penjualan produk-produk berlambang D didominasi kredit.

“Kalau di Daihatsu kurang lebih kita 80 persen kredit. Jadi edukasinya mesti di tempat-tempat yang memang Daihatsu Segmen,” tutur Agung.

Lebih jauh disampaikan jika konsumen first car buyer di daerah harus dipandu para tenaga penjual. Sehingga pada akhir langkah terjadi pembelian oleh konsumen.

“Itu (pendampingan) yang kita lakukan. Kemarin kita baru pergi ke beberapa kota dan disaksikan prinsipal,” jelasnya

Penjualan Daihatsu April 2025

Memasuki bulan keempat di 2025, brand asal negeri Sakura ini masih kokoh menempati posisi kedua produsen terlaris.

Meskipun terdapat penurunan pada April 2025, namun mereka sudah mengirimkan 46.718 unit ke konsumen (retail sales).

Ada Insentif, Daihatsu Bicara soal Nasib Rocky Hybrid di Indonesia
Photo : Daihatsu

Market share Daihatsu di pasar otomotif nasional sebesar 17.5 persen. Angka tersebut tidak mengalami ubahan sejak tahun lalu.

Jagoan andalan mereka tidak lain adalah Daihatsu Sigra. MPV 7 penumpang berbanderol terjangkau tersebut berhasil dipasarkan sebanyak 14 ribuan unit.

Sedangkan produk kedua terlaris adalah Daihatsu Gran Max Pikap. Mobil niaga ringan ini terjual sebanyak 12 ribuan unit.


Terkini

otopedia
Tips Berkendara Motor yang Aman Saat Cuaca Ekstrem

Tips Berkendara Motor yang Aman Saat Cuaca Ekstrem

Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan pengendara motor ketika cuaca ekstrem tengah melanda Indonesia

mobil
Isi Garasi Onadio Leonardo

Isi Garasi Onadio Leonardo, Doyan Mobil Eropa

Artis Onadio Leonardo punya tiga unit mobil Eropa yang digunakan untuk mobilitas sehari-hari, ini detailnya

otosport
Veda Ega Pratama

Tantangan Veda Ega Pratama Saat Naik Kelas ke GP Moto3

Naik kelas ke GP Moto3 tentu memiliki tantangan lebih berat bagi Veda Ega Pratama, proses adaptasi dan latihan menjadi kunci

otosport
Veda Ega Pratama

Veda Ega Pratama Start Posisi 5 di JuniorGP Catalunya 2025

Hasil kualifikasi memuaskan diraih Veda Ega Pratama di JuniorGP Catalunya 2025, start di posisi 5 dan optimis raih podium

mobil
Toyota Kijang Innova diesel bekas

3 Toyota Kijang Innova Diesel Bekas Lansiran 2020 di Bawah Rp 300 Juta

Toyota Kijang Innova diesel masih menjadi pilihan menarik untuk masyarakat yang butuh mobil dengan performa optimal

mobil
Geely Starray EM-i Buatan Purwakarta Mulai Diserahkan ke Konsumen

Geely Starray EM-i Buatan Purwakarta Mulai Diserahkan ke Konsumen

Geely Starray EM-i rakitan pabrik HIM telah didistribusikan kepada para konsumen di seluruh Indonesia

mobil
Mitsubishi Xpander bekas

Pilihan Mitsubishi Xpander Bekas di Awal November 2025

Mitsubishi Xpander bekas lansiran 2023 dijual dengan harga yang cukup terjangkau karena bisa dibeli mulai 290 jutaan

mobil
Bos Ford Akui Teknologi Mobil Cina Mulai Lampaui AS

Bos Ford Akui Teknologi Mobil Cina Mulai Lampaui AS

Mayoritas mobil Cina kini menawarkan banyak teknologi terkini untuk memanjakan para konsumen di seluruh dunia