Modif Daihatsu Gran Max Taft Guy, Tampilannya Gahar
02 September 2025, 15:14 WIB
Daihatsu menyambangi langsung konsumen setianya di tempat-tempat yang tidak biasa dilakukan merek lain
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Penjualan mobil baru di Indonesia tengah melambat. Kondisi ekonomi di Tanah Air yang tidak stabil menjadi salah satu penyebabnya.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim bahwa mereka memiliki pendekatan berbeda ke konsumen. Langkah yang dipilih dikarenakan segmentasi merek asal Jepang ini merupakan first car buyer.
“Mungkin yang teman-teman harus tahu, cara kita pameran tidak di mall. Tapi di SPBU dan pasar tradisional,” kata Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director ADM di Jakarta Selatan, Selasa (20/05).
Konsumen di segmen first car buyer merupakan masyarakat baru naik kelas. Secara umum merupakan calon pengguna sepeda motor dan ingin memiliki mobil pertamanya.
Lalu pelanggan ADM juga tidak jarang dari kalangan UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Sehingga teknik pemasaran yang digunakan terbilang unik.
Pabrikan mobil lain banyak melakukan pameran di pusat perbelanjaan. Mereka menyasar masyarakat di kalangan menengah hingga atas sesuai dengan lokasi mall.
Cara tersebut diakui tidak berlaku bagi Daihatsu untuk menemukan para pembeli. Terlebih penjualan produk-produk berlambang D didominasi kredit.
“Kalau di Daihatsu kurang lebih kita 80 persen kredit. Jadi edukasinya mesti di tempat-tempat yang memang Daihatsu Segmen,” tutur Agung.
Lebih jauh disampaikan jika konsumen first car buyer di daerah harus dipandu para tenaga penjual. Sehingga pada akhir langkah terjadi pembelian oleh konsumen.
“Itu (pendampingan) yang kita lakukan. Kemarin kita baru pergi ke beberapa kota dan disaksikan prinsipal,” jelasnya
Penjualan Daihatsu April 2025
Memasuki bulan keempat di 2025, brand asal negeri Sakura ini masih kokoh menempati posisi kedua produsen terlaris.
Meskipun terdapat penurunan pada April 2025, namun mereka sudah mengirimkan 46.718 unit ke konsumen (retail sales).
Market share Daihatsu di pasar otomotif nasional sebesar 17.5 persen. Angka tersebut tidak mengalami ubahan sejak tahun lalu.
Jagoan andalan mereka tidak lain adalah Daihatsu Sigra. MPV 7 penumpang berbanderol terjangkau tersebut berhasil dipasarkan sebanyak 14 ribuan unit.
Sedangkan produk kedua terlaris adalah Daihatsu Gran Max Pikap. Mobil niaga ringan ini terjual sebanyak 12 ribuan unit.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
02 September 2025, 15:14 WIB
30 Agustus 2025, 09:00 WIB
28 Agustus 2025, 12:00 WIB
25 Agustus 2025, 09:00 WIB
23 Agustus 2025, 07:00 WIB
Terkini
09 September 2025, 10:00 WIB
Aismoli meminta insentif motor listrik untuk produk yang memiliki banyak teknologi dibedakan, bisa lebih besar
09 September 2025, 09:00 WIB
Pengamat sebut ada faktor selain harga yang jadi tantangan mobil listrik Jepang bersaing dengan merek Cina
09 September 2025, 08:00 WIB
Koleksi kendaraan Mochamad Irfan Yusuf, Menteri Haji dan Umroh pertama di Indonesia terbilang cukup sederhana
09 September 2025, 07:00 WIB
Chile mengaku membutuhkan banyak mobil listrik untuk masyarakatnya dan berencana mengimpornya dari Indonesia
09 September 2025, 06:00 WIB
Berikut KatadataOTO merangkum informasi lengkap dan lokasi SIM keliling Jakarta hari ini, Selasa 9 September
09 September 2025, 06:00 WIB
Pemerintah kembali menerapkan ganjil genap Jakarta untuk atasi kemacetan lalu lintas di sejumlah titik
09 September 2025, 06:00 WIB
Ada beragam alternatif saat ingin mengurus dokumen berkendara, seperti mendatangi SIM keliling Bandung
08 September 2025, 22:00 WIB
Purbaya Yudhi Sadewa ditunjuk Presiden Prabowo sebagai Menteri Keuangan baru untuk menggantikan Sri Mulyani