10 Merek Mobil Terlaris di Semester Satu 2025, Toyota Bertahan
09 Juli 2025, 12:00 WIB
Daihatsu menyambangi langsung konsumen setianya di tempat-tempat yang tidak biasa dilakukan merek lain
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Penjualan mobil baru di Indonesia tengah melambat. Kondisi ekonomi di Tanah Air yang tidak stabil menjadi salah satu penyebabnya.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim bahwa mereka memiliki pendekatan berbeda ke konsumen. Langkah yang dipilih dikarenakan segmentasi merek asal Jepang ini merupakan first car buyer.
“Mungkin yang teman-teman harus tahu, cara kita pameran tidak di mall. Tapi di SPBU dan pasar tradisional,” kata Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director ADM di Jakarta Selatan, Selasa (20/05).
Konsumen di segmen first car buyer merupakan masyarakat baru naik kelas. Secara umum merupakan calon pengguna sepeda motor dan ingin memiliki mobil pertamanya.
Lalu pelanggan ADM juga tidak jarang dari kalangan UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Sehingga teknik pemasaran yang digunakan terbilang unik.
Pabrikan mobil lain banyak melakukan pameran di pusat perbelanjaan. Mereka menyasar masyarakat di kalangan menengah hingga atas sesuai dengan lokasi mall.
Cara tersebut diakui tidak berlaku bagi Daihatsu untuk menemukan para pembeli. Terlebih penjualan produk-produk berlambang D didominasi kredit.
“Kalau di Daihatsu kurang lebih kita 80 persen kredit. Jadi edukasinya mesti di tempat-tempat yang memang Daihatsu Segmen,” tutur Agung.
Lebih jauh disampaikan jika konsumen first car buyer di daerah harus dipandu para tenaga penjual. Sehingga pada akhir langkah terjadi pembelian oleh konsumen.
“Itu (pendampingan) yang kita lakukan. Kemarin kita baru pergi ke beberapa kota dan disaksikan prinsipal,” jelasnya
Penjualan Daihatsu April 2025
Memasuki bulan keempat di 2025, brand asal negeri Sakura ini masih kokoh menempati posisi kedua produsen terlaris.
Meskipun terdapat penurunan pada April 2025, namun mereka sudah mengirimkan 46.718 unit ke konsumen (retail sales).
Market share Daihatsu di pasar otomotif nasional sebesar 17.5 persen. Angka tersebut tidak mengalami ubahan sejak tahun lalu.
Jagoan andalan mereka tidak lain adalah Daihatsu Sigra. MPV 7 penumpang berbanderol terjangkau tersebut berhasil dipasarkan sebanyak 14 ribuan unit.
Sedangkan produk kedua terlaris adalah Daihatsu Gran Max Pikap. Mobil niaga ringan ini terjual sebanyak 12 ribuan unit.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
09 Juli 2025, 12:00 WIB
07 Juli 2025, 09:00 WIB
02 Juli 2025, 09:00 WIB
26 Juni 2025, 13:00 WIB
17 Juni 2025, 18:00 WIB
Terkini
11 Juli 2025, 23:30 WIB
Spesifikasi Wuling Mitra EV sudah dibuat agar bisa memenuhi kebutuhan para pelaku usaha yang semakin dinamis
11 Juli 2025, 22:00 WIB
Jasa Marga memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen bagi masyarakat yang ingin melewati Trans Jawa
11 Juli 2025, 21:00 WIB
Wuling BinguoEV Premium Range dengan jarak tempuh 410 km tak dijual karena menyesuaikan kebutuhan pelanggan
11 Juli 2025, 17:45 WIB
Para pencinta mobil JDM bakal menggelar balap di Sirkuit Mandalika dan bakal diikuti berbagai kendaraan
11 Juli 2025, 16:23 WIB
Mobil listrik terbaru Wuling, Mitra EV resmi diluncurkan bersamaan dengan versi pembaruan dari BinguoEV
11 Juli 2025, 15:00 WIB
Wuling Jiachen dikabarkan akan melantai dalam gelaran GIIAS 2025 di akhir bulan, mobil itu sudah bisa dipesan
11 Juli 2025, 14:12 WIB
Angka impor mobil di RI naik, Gaikindo sorot pentingnya memaksimalkan kapasitas produksi untuk cegah PHK
11 Juli 2025, 14:00 WIB
Demi mencegah kemacetan yang sering terjadi di akhir pekan, kepolisian menyiapkan ganjil genap puncak Bogor