Jadilah Salah Satu dari 1.000 Konsumen Pertama Wuling Cloud EV
04 Mei 2024, 19:53 WIB
Pemilik Tesla Model 3 mengalami dilema, memilih antara ganti baterai mobil listrik yang nilainya beda tipis dengan harga bekasnya
Oleh Arie Prasetya
TRENOTO – Pilihan sulit ini dialami oleh seorang member Reddit dengan akun Where-Chemical-2691 yang diketahui memiliki mobil listrik Tesla Model 3 Dual Motor Long Range. Ia tampak kebingungan saat memiliki 2 pilihan antara mengganti baterai mobilnya atau menjualnya sekalian.
Seperti dilansir Carscoops, Where-Chemical-2691 telah menggunakan mobilnya kurang lebih 3 tahun sejak dibeli pada September 2020. Saat ini mobilnya sudah menempuh jarak hingga 241 ribu km dan telah mendapatkan peringatan oleh Tesla untuk segera melakukan penggantian baterai.
Status kondisi baterai saat ini berada di angka 81 persen dengan kondisi sel-sel yang rusak hingga masuk fase kesulitan mengisi daya secara maksimal. Artinya baterai dalam waktu dekat akan tiba-tiba drop dan tentu merepotkan serta berbahaya.
Sang pemilik yang masih berusia 23 tahun ini juga menyebutkan bahwa Tesla telah memberikan estimasi biaya. Ia mengatakan bahwa total penggantian baterai mobil listriknya mencapai 12 ribu dollar atau sekitar Rp183 juta.
Sang pemilik tentu keberatan dengan beban biaya tersebut, apalagi ia masih berhutang cicilan 20 ribu dollar atau sekitar Rp300 jutaan. Kemudian ia sempat mendapat tawaran dari pedagang mobil bekas besar yang belum mengetahui kondisi mobilnya sebesar 16 ribu dollar atau sekitar Rp245 juta.
Kondisi ini tentu makin membingungkan. Karena harga tawarannya hanya selisih 4 ribu dollar saja atau sekitar Rp62 jutaan. Lantas bagaimana jika pedangang tersebut mengetahui kondisi mobilnya? Sudah dipastikan nilainya akan makin turun.
Ada opsi untuk melakukan perbaikan baterai di bengkel umum di luar jaringan Tesla, konon akan lebih murah biayanya. Namun menurut sang pemilik hal ini punya kelemahan dalam kompabilitas mobilnya di jaringan extra fast charging Tesla.
Sang pemilik berusaha mencari pilihan kedua di komunitas Reddit dan mendapat beragam tanggapan. Saran untuk melakukan perbaikan tentu datang dari TeslaLounge sementara lainnya mendorong agar menjual mobilnya.
Sepertinya saran untuk menjual mobil dinilai lebih bijaksana bagi sang pemilik yang sedang terlilit hutang tunggakan cicilan mobil dan tidak mampu membeli mobil baru.
Lalu bagaimana dengan Anda? Apa yang akan Anda lakukan jika mengalami dilema tersebut?
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
04 Mei 2024, 19:53 WIB
04 Mei 2024, 18:38 WIB
04 Mei 2024, 18:06 WIB
04 Mei 2024, 10:02 WIB
03 Mei 2024, 20:00 WIB
Terkini
04 Mei 2024, 19:53 WIB
Bagi pengunjung PEVS 2024 terdapat beragam program menarik buat pemesanan mobil listrik Wuling Cloud EV
04 Mei 2024, 18:49 WIB
PEVS 2024 resmi ditutup hari ini, menurut Daswar Marpaung pihaknya yakin bisa melampaui target transaksi
04 Mei 2024, 18:38 WIB
Tidak sejalan dengan rencana pemerintah terkait insentif mobil hybrid, Ketua Umum Periklindo sebut bukan EV
04 Mei 2024, 18:06 WIB
Tidak sembarangan, insentif impor mobil listrik berlaku untuk merek yang komitmen buat produksi lokal
04 Mei 2024, 12:00 WIB
Korlantas uji coba kirim surat tilang lewat WhatsApp agar memudahkan masyarakat mengetahui pelanggarannya
04 Mei 2024, 11:00 WIB
Penjualan motor Honda secara kredit di kuartal I 2024 alami kenaikan tipis dibanding perolehan tahun lalu
04 Mei 2024, 10:02 WIB
Dikatakan salah satu alasan Wuling Cloud EV dipasarkan dalam satu varian karena sesuai kebutuhan konsumen
04 Mei 2024, 09:58 WIB
Presiden Jokowi menyebut para menterinya masih membahas aturan mengenai subsidi mobil hybrid buat masyarakat