Mazda Indonesia Bakal Hati-Hati di Segmen Mobil Listrik
30 November 2024, 16:00 WIB
Konsumen yang ingin membeli Mazda inden selama 3 bulan karena masih terkendala sulitnya mendapatkan cip semikonduktor
Oleh Dian Tami Kosasih
TRENOTO – Krisis cip yang terjadi secara global ternyata berpengaruh pada produksi kendaraan otomotif roda empat, tak terkecuali Mazda. Masih mendatangkan kendaraan secara CBU (Completely Build Up) atau utuh ke Indonesia, hal ini tentu berpengaruh pada ketersediaan barang.
Fedy Dwi Parileksono selaku Head of Department Public Relations and Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengatakan, konsumen yang ingin melakukan pembelian unit Mazda inden.
"Memang enggak ada barangnya. Jadi memang kelangkaan mobil karena cip juga. Indennya sekitar 2 sampai 3 bulan. Pesanan dari bulan sebelumnya juga masih banyak yang belum terpenuhi," katanya kepada TrenOto, Jumat (25/2/2022).
Saat disinggung solusi terkait hal ini, Fedy mengaku pihaknya tak bisa berbuat banyak. Hal ini dikarenakan barang yang dijual tidak tersedia karena salah satu komponen langka.
"Enggak ada solusi, hanya harus nunggu barangnya. Cuma memang nanti di bulan Maret akan ada yang datang untuk memenuhi kebutuhan pembelian sebelumnya," ujarnya.
Pabrikan mobil asal Jepang tersebut juga pasrah apabila terdapat konsumen yang membatalkan pembelian serta adanya penurunan penjualan akibat kelangkaan cip.
"Iya itukan risiko," tutur Fedy.
Sebelumnya, Mazda mengaku pihaknya akan lebih fokus terhadap segmen SUV khususnya di 2 tahun ke depan. Hal ini sesuai dengan rencana bisnis Mazda Corporation yang akan lebih mengedepankan Crossover SUV untuk pasar Indonesia seperti CX-60 dan CX-80.
Walau hendak menghadirkan model baru, CX-5 yang saat ini duduk sebagai crossover SUV di Tanah Air tetap akan dipertahankan. Namun tentunya dengan melakukan beberapa peningkatan agar tetap bisa menarik perhatian pelanggan.
“Fokus kepada jajaran SUV sudah menjadi rencana bisnis PT EMI untuk 2022 dan kedepannya. Kami akan menghadirkan produk dengan teknologi terkini yang sudah dilansir oleh Mazda Corporation,” ungkap Ricky Thio, Managing Director PT EMI akhir tahun lalu.
Saat ini, Mazda memiliki beragam pilihan model di Indonesia, seperti Mazda 3 Sedan, Mazda 3 Hatchback, Mazda 6 Estate Sedan, CX-8 Elite SUV, CX-30 SUV dan CX-3 1.5L.
Saat ini Mazda menjadi salah satu peserta BCA Expoversary 2022, namun lagi-lagi konsumen harus dibuat gigit jari karena unitnya tidak tersedia.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
30 November 2024, 16:00 WIB
22 November 2024, 23:00 WIB
13 September 2024, 17:00 WIB
13 September 2024, 12:00 WIB
12 September 2024, 09:00 WIB
Terkini
03 Juli 2025, 15:00 WIB
BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025
03 Juli 2025, 14:00 WIB
Karoseri Laksana mengirimkan satu bus ke Sri Lanka untuk digunakan kegiatan pariwisata serta antarkota
03 Juli 2025, 13:00 WIB
Suzuki Fronx punya modal untuk disukai konsumen Indonesia lewat proporsi eksterior dan desain, kenyamanan juga mesin yang hemat
03 Juli 2025, 12:00 WIB
Diler motor Honda di Kota Bandung menawarkan CUV e: dengan harga yang menarik dan berlaku selama Juli 2025
03 Juli 2025, 11:08 WIB
Petronas Sepang International Circuit bakal dukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2025 dengan mengirim tenaga ahli
03 Juli 2025, 09:00 WIB
KatadataOTO merangkum daftar lengkap harga mobil listrik Juli 2025 yang berstatus on the road Jakarta
03 Juli 2025, 08:00 WIB
Pengusaha audio kendaraan roda empat merasakan dampak dari lesunya penjualan mobil baru yang ada di Indonesia
03 Juli 2025, 07:00 WIB
Syarat pembuatan dan perpanjang SIM di awal Juli 2025 harus lebih diperhatikan agar tidak membuang waktu