Isuzu dan Toyota Kembangkan Bus Hidrogen, Mulai Produksi 2026
30 September 2025, 22:00 WIB
Toyota terus memperkuat lini elektrifikasi dengan meluncurkan sejumlah mobil baru yang ramah lingkungan
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Toyota terus membantu pemerintah dalam mengurangi emisi gas buang kendaraan. Terkini mereka mengusung slogan Beyond Zero.
Dalam kampanye tersebut, jenama asal Jepang ini menampilan sederet lini elektrifikasi di GIIAS 2024. Mulai dari Toyota Prius Hybrid hingga Innova Zenix Flexy Fuel dengan Bioetanol.
“Beyond Zero merupakan kampanye menuju nol karbon. Namun bukan sekadar promosi saja dari kami,” ujar Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT TAM (Toyota Astra Motor) di GIIAS 2024.
Lebih jauh Anton menuturkan Tagline Beyond Zero kini telah disematkan pada beberapa mobil Toyota keluaran baru. Terutama yang mengusung konsep ramah lingkungan.
Seperti HEV (Hybrid Electric Vehicle), PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) hingga BEV (Battery Electric Vehicle). Jadi mereka sangat serius dalam mengurangi emisi gas buang.
“Setiap orang tidak harus memiliki mobil tertentu, misal BEV untuk berkontribusi terhadap pengurangan emisi. Tetapi bisa dimulai dengan kendaraan ramah lingkungan lain serta Toyota sudah memiliki semua,” Anton menuturkan.
Anton menjelaskan kalau saat ini Toyota telah mengembangkan banyak teknologi ramah lingkungan yang siap digunakan. Sehingga dapat membantu pemerintah dalam menurunkan emisi gas buang.
Hal senada turut dilontarkan oleh Hiroyuki Ueda, President Director PT TAM. Dia menjelaskan melalui Beyond Zero memiliki tujuan untuk mempercepat pengurangan emisi dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.
"Dengan Multi Pathway Strategy melalui berbagai jenis teknologi elektrifikasi dan penggunaan energi terbarukan dapat mendukung mobilitas berkelanjutan,” ucap Ueda.
Sebagai informasi, sejak 2009 TAM telah meluncurkan lebih dari 27 model kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota dan Lexus. Baik hybrid, Plug-in hybrid sampai BEV.
Sementara pada semester satu 2024, penjualan produk ramah lingkungan Toyota terbilang sangat positif. Mereka memimpin dengan menjual 15.017 unit secara Whole Sales.
Jumlah tersebut membuat manufaktur asal Jepang berhasil menguasai 40 persen pangsa pasar elektrifikasi nasional. Sedangkan model HEV menjadi kontributor terbesar.
“Kami sekali lagi memperluas opsi kendaraan elektrifikasi Toyota dengan meluncurkan all new Prius HEV. Kemudian berencana menambah lebih banyak model ke depannya,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.
Sebagai informasi dalam gelaran GIIAS 2024, mereka meluncurkan Toyota Prius dalam dua varian, yakni hybrid dan PHEV.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
30 September 2025, 22:00 WIB
29 September 2025, 08:00 WIB
26 September 2025, 21:00 WIB
25 September 2025, 12:00 WIB
24 September 2025, 21:00 WIB
Terkini
30 September 2025, 23:00 WIB
Marc Marquez dalam kepercayaan diri tinggi dalam menyambut gelaran MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti
30 September 2025, 22:00 WIB
Bus hidrogen hasil dari pengembangan Isuzu bareng Toyota akan dijadikan sebagai alat transportasi umum
30 September 2025, 21:00 WIB
Motor milik Francesco Bagnaia sempat berasap menjelang akhir MotoGP Jepang 2025, penyebabnya masih misterius
30 September 2025, 20:13 WIB
Castrol Indonesia menghadirkan pembalap MotoGP Johann Zarco dalam peluncuran produk pelumas terbarunya
30 September 2025, 18:17 WIB
Jepang memiliki versi LCGC-nya sendiri yang banyak digunakan termasuk di area perkotaan yakni kei car
30 September 2025, 17:30 WIB
Cina bakal memperketat ekspor kendaraan listrik mulai tahun depan untuk jaga reputasi perusahaan di pasar global
30 September 2025, 15:00 WIB
Bos Aprilia memberikan tanggapan setelah kedua pembalapnya terlibat kecelakaan pada MotoGP Jepang 2025
30 September 2025, 14:00 WIB
Banyak pihak yang menantikan Marc Marquez meraih kemenangan di MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti