Spesifikasi BAIC BJ30 Hybrid yang Meluncur di GIIAS 2025
15 Juli 2025, 16:00 WIB
BAIC BJ40 Plus rakitan lokal diklaim membutuhkan dana investasi sebesar Rp 20 miliar untuk infrastruktur
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – PT JIO (JHL International Otomotif) selaku distributor resmi merek BAIC telah resmi merakit lokal BJ40 Plus. Adapun proyek ini merupakan hasil kolaborasi dengan PT HIM (Handal Indonesia Motor) selaku pemilik pabrik di Purwakarta, Jawa Barat.
Guna memulai kerjasama, BAIC Indonesia klaim telah menggelontorkan investasi sebesar Rp 20 miliar. Adapun dana tersebut diperuntukkan bagi pengadaan peralatan khusus hingga infrastruktur penunjang.
“Investasi dari JIO sendiri mencapai Rp 15 hingga Rp 20 miliar. Itu belum termasuk kontribusi dari pihak HIM,” kata Dhani Yahya, Chief Operating Officer (COO) JIO di Purwakarta pada sela-sela peluncuran BAIC BJ40 Plus rakitan lokal (02/06).
Dengan status sebagai mobil rakitan lokal, BAIC BJ40 Plus mengalami koreksi harga. Banderol BAIC BJ40 Plus sebelumnya Rp 790 juta.
Setelah resmi dirakit lokal harga BAIC BJ40 Plus menjadi Rp 698 juta on the road Jakarta. Terdapat selisih sebesar Rp 92 juta dan menjadi keuntungan bagi calon konsumen.
Pengurangan nominal di atas disebabkan perbedaan pajak masuk sebuah mobil. Dijelaskan terdapat beberapa pengurangan berkat rakitan lokal.
“Import Duty yang biasanya 50 persen menjadi 10 persenan. Adapula komponen luxury tax dan beberapa pengurangan,” tutur Dhani.
Meskipun terdapat pengurangan harga jual, ia memastikan tidak ada penurunan kualitas produk. Melainkan konsumen akan mendapatkan tambahan fitur pada kendaraan.
Salah satunya adalah Diffrerential Lock, sehingga bisa menambah kemampuan mobil dalam menjelajah berbagai medan jalan menantang.
BAIC BJ40 Plus rakitan Purwakarta juga ditambahkan fitur pengaturan jok otomatis pada dua kursi depan. Sehingga lebih memanjakan para pengguna.
Pada sektor hiburan juga mendapat peningkatan yakni sistem koneksi terkini. Walhasil mampu meningkatkan kenyamanan dalam setiap perjalanan.
Dhani mengklaim bahwa BAIC BJ40 Plus menyasar konsumen pria maupun wanita. Terutama bagi penggemar kendaraan khas nan kharismatik.
SUV bergaya boxy ini merupakan tulang punggung penjualan BAIC di Tanah Air. Jika merujuk data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) penjualan retail BAIC periode Januari – April 2025 sebanyak 153 unit.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
15 Juli 2025, 16:00 WIB
14 Juli 2025, 12:16 WIB
07 Juli 2025, 19:00 WIB
30 Juni 2025, 17:00 WIB
28 Juni 2025, 07:00 WIB
Terkini
16 Juli 2025, 14:00 WIB
BYD Atto 1 diyakini menjadi nama baru Seagull alias Dolphin Mini untuk pasar Indonesia, debut di GIIAS 2025
16 Juli 2025, 13:00 WIB
VinFast VF 7 siap melantai di pameran otomotif GIIAS 2025, bakal jadi penantang baru mobil listrik Chery E5
16 Juli 2025, 12:00 WIB
Meski sudah diturunkan harganya, mobil listrik bekas masih kurang diminati masyarakat di sentra lelang
16 Juli 2025, 11:00 WIB
Geely Starwish disinyalir punya harga yang tidak jauh berbeda dari BYD Seagull, keduanya debut di GIIAS 2025
16 Juli 2025, 10:00 WIB
Pabrik Nissan di Oppama Jepang akan ditutup dan produksi kendaraan dialihkan ke fasilitas di lokasi lain
16 Juli 2025, 09:00 WIB
Mobil baru yang diduga Wuling Xingguang 730 tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di Tol Cipali
16 Juli 2025, 08:00 WIB
Selain lini SUV, Jetour ungkap berminat untuk menghadirkan mobil listrik mungil di pameran GIIAS 2025
16 Juli 2025, 07:00 WIB
Kepolisian kembali pakai tilang manual saat Operasi Patuh Jaya 2025 karena tak semua wilayah diawasi kamera ETLE