Harga Arcfox T1 Diungkap, Calon Pesaing BYD Dolphin di Indonesia
15 September 2025, 19:00 WIB
BAIC BJ40 Plus rakitan lokal diklaim membutuhkan dana investasi sebesar Rp 20 miliar untuk infrastruktur
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – PT JIO (JHL International Otomotif) selaku distributor resmi merek BAIC telah resmi merakit lokal BJ40 Plus. Adapun proyek ini merupakan hasil kolaborasi dengan PT HIM (Handal Indonesia Motor) selaku pemilik pabrik di Purwakarta, Jawa Barat.
Guna memulai kerjasama, BAIC Indonesia klaim telah menggelontorkan investasi sebesar Rp 20 miliar. Adapun dana tersebut diperuntukkan bagi pengadaan peralatan khusus hingga infrastruktur penunjang.
“Investasi dari JIO sendiri mencapai Rp 15 hingga Rp 20 miliar. Itu belum termasuk kontribusi dari pihak HIM,” kata Dhani Yahya, Chief Operating Officer (COO) JIO di Purwakarta pada sela-sela peluncuran BAIC BJ40 Plus rakitan lokal (02/06).
Dengan status sebagai mobil rakitan lokal, BAIC BJ40 Plus mengalami koreksi harga. Banderol BAIC BJ40 Plus sebelumnya Rp 790 juta.
Setelah resmi dirakit lokal harga BAIC BJ40 Plus menjadi Rp 698 juta on the road Jakarta. Terdapat selisih sebesar Rp 92 juta dan menjadi keuntungan bagi calon konsumen.
Pengurangan nominal di atas disebabkan perbedaan pajak masuk sebuah mobil. Dijelaskan terdapat beberapa pengurangan berkat rakitan lokal.
“Import Duty yang biasanya 50 persen menjadi 10 persenan. Adapula komponen luxury tax dan beberapa pengurangan,” tutur Dhani.
Meskipun terdapat pengurangan harga jual, ia memastikan tidak ada penurunan kualitas produk. Melainkan konsumen akan mendapatkan tambahan fitur pada kendaraan.
Salah satunya adalah Diffrerential Lock, sehingga bisa menambah kemampuan mobil dalam menjelajah berbagai medan jalan menantang.
BAIC BJ40 Plus rakitan Purwakarta juga ditambahkan fitur pengaturan jok otomatis pada dua kursi depan. Sehingga lebih memanjakan para pengguna.
Pada sektor hiburan juga mendapat peningkatan yakni sistem koneksi terkini. Walhasil mampu meningkatkan kenyamanan dalam setiap perjalanan.
Dhani mengklaim bahwa BAIC BJ40 Plus menyasar konsumen pria maupun wanita. Terutama bagi penggemar kendaraan khas nan kharismatik.
SUV bergaya boxy ini merupakan tulang punggung penjualan BAIC di Tanah Air. Jika merujuk data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) penjualan retail BAIC periode Januari – April 2025 sebanyak 153 unit.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
15 September 2025, 19:00 WIB
08 September 2025, 20:00 WIB
06 September 2025, 09:00 WIB
30 Agustus 2025, 21:00 WIB
13 Agustus 2025, 13:00 WIB
Terkini
16 September 2025, 16:00 WIB
Secara keseluruhan data Gaikindo menyorot wholesales LMPV bulan ini turun 3,72 persen, berikut selengkapnya
16 September 2025, 15:00 WIB
Penjualan kendaraan komersial Agustus 2025 berhasil tumbuh dengan menjadikan pikap sebagai tulang punggung
16 September 2025, 14:00 WIB
Fabio Quartararo sebut mesin V4 Yamaha belum bisa jadi solusi pengganti inline-4, perlu banyak pengembangan
16 September 2025, 13:00 WIB
Marc Marquez memiliki peluang besar untuk menyabet gelar juara dunia MotoGP saat melakoni seri di Jepang
16 September 2025, 12:00 WIB
Persaingan tidak sehat akibat perang harga membuat faktor keamanan sebuah bus sering dijadikan nomor dua
16 September 2025, 11:00 WIB
Honda ADV 160 mendapat penyegaran dengan ditambahkannya sejumlah fitur baru yang bisa semakin memanjakan
16 September 2025, 10:00 WIB
Sejumlah nama baru seperti Jaecoo dan Xpeng masuk 10 besar merek mobil Cina terlaris, berikut daftarnya
16 September 2025, 09:00 WIB
BYD masih memimpin sebagai merek mobil listrik terlaris, menurut data Gaikindo mereka menjual 2.746 unit