Kata Alex Rins dan Fabio Quartararo Soal Mesin V4 Yamaha
13 September 2025, 09:00 WIB
Fabio Quartararo sebut mesin V4 Yamaha belum bisa jadi solusi pengganti inline-4, perlu banyak pengembangan
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo menjajal mesin V4 Yamaha pada sesi testing di Sirkuit Misano, San Marino pada Senin (15/09).
Jantung pacu itu nantinya bakal menggantikan mesin inline-4 yang selama ini digunakan oleh Yamaha.
Namun Quartararo tampak tidak puas dan mengungkapkan bahwa mesin V4 Yamaha itu masih butuh banyak pengembangan.
Sesi tes yang dilalui Fabio Quartararo di Sirkuit Misano menggunakan mesin V4 Yamaha menorehkan lap time 1 menit 31,781 detik.
Jika dibandingkan, masih lebih lambat dari lap time tercepat Quartararo saat kualifikasi MotoGP San Marino 2025 yakni 1 menit 30,228 detik.
“Saat ini, motor barunya lebih buruk dari yang inline-4. Saya merasa pengembangan (dari mesin V4) di Barcelona tidak saya rasakan di sini,” kata Fabio Quartararo, dikutip dari Crash, Selasa (16/09).
Perlu diketahui, Quartararo sempat mencoba motor baru Yamaha dengan mesin V4 ketika tes privat di Barcelona.
Namun pengujian secara maksimal baru bisa dilakukan di Sirkuit Misano. Mengingat kondisi cuaca hujan di Barcelona sempat menghambat proses pengetesan.
Quartararo meyakini untuk sekarang mesin V4 tidak dapat mengatasi kendala yang dialaminya, bahkan cenderung identik dengan motor lama bermesin inline-4.
Dirinya mengungkapkan, ada banyak pengembangan dibutuhkan. Pengetesan di Sirkuit Misano melibatkan banyak rider lain, membuat kekurangan mesin V4 Yamaha bisa terlihat jelas.
“Top speed-nya cukup lambat, tidak ada grip, kita harus banyak mengerjakan bagian elektroniknya. Dari sisi aerodinamika, kurang lebih sama seperti (motor) inline-4,” kata Quartararo.
Sekadar informasi, Yamaha berencana meninggalkan inline-4 dan menerapkan mesin V4 untuk MotoGP musim depan.
Yamaha merupakan satu-satunya tim yang menggunakan mesin inline-4 di MotoGP saat ini.
Meskipun disebut memiliki sejumlah keunggulan, perbedaan tersebut membuat tim kesulitan mencari referensi strategi karena tidak ada pembanding.
Di samping Yamaha, Suzuki juga menerapkan inline-4 ketika masih meramaikan MotoGP.
Motor dengan mesin inline-4 diklaim memiliki tenaga di bawah V4, tetapi terasa lebih lincah ketika diajak bermanuver.
Namun Fabio Quartararo menegaskan ada banyak PR perlu dikerjakan Yamaha sebelum dirinya bisa yakin menjajal mesin V4 Yamaha untuk balapan.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
13 September 2025, 09:00 WIB
11 September 2025, 15:00 WIB
10 September 2025, 20:00 WIB
09 September 2025, 16:00 WIB
06 September 2025, 20:43 WIB
Terkini
16 September 2025, 13:00 WIB
Marc Marquez memiliki peluang besar untuk menyabet gelar juara dunia MotoGP saat melakoni seri di Jepang
16 September 2025, 12:00 WIB
Persaingan tidak sehat akibat perang harga membuat faktor keamanan sebuah bus sering dijadikan nomor dua
16 September 2025, 11:00 WIB
Honda ADV 160 mendapat penyegaran dengan ditambahkannya sejumlah fitur baru yang bisa semakin memanjakan
16 September 2025, 10:00 WIB
Sejumlah nama baru seperti Jaecoo dan Xpeng masuk 10 besar merek mobil Cina terlaris, berikut daftarnya
16 September 2025, 09:00 WIB
BYD masih memimpin sebagai merek mobil listrik terlaris, menurut data Gaikindo mereka menjual 2.746 unit
16 September 2025, 08:00 WIB
Pemerintah DKI resmi gunakan jalur paling kiri GT Fatmawati 2 secara gratis untuk menambah ruas jalan TB Simatupang
16 September 2025, 07:00 WIB
Kementerian Perhubungan akan perkuat kerja sama dengan Pemda DKI buat atasi kemacetan lalu lintas di Ibu Kota
16 September 2025, 06:00 WIB
Lima tempat SIM keliling Jakarta tersedia hari ini, simak informasinya lengkap dengan syarat dan biaya