Cerita Biker Indonesia Umrah ke Mekah Pakai Yamaha Xmax 250
19 Desember 2025, 19:00 WIB
Fabio Quartararo sebut mesin V4 Yamaha belum bisa jadi solusi pengganti inline-4, perlu banyak pengembangan
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo menjajal mesin V4 Yamaha pada sesi testing di Sirkuit Misano, San Marino pada Senin (15/09).
Jantung pacu itu nantinya bakal menggantikan mesin inline-4 yang selama ini digunakan oleh Yamaha.
Namun Quartararo tampak tidak puas dan mengungkapkan bahwa mesin V4 Yamaha itu masih butuh banyak pengembangan.
Sesi tes yang dilalui Fabio Quartararo di Sirkuit Misano menggunakan mesin V4 Yamaha menorehkan lap time 1 menit 31,781 detik.
Jika dibandingkan, masih lebih lambat dari lap time tercepat Quartararo saat kualifikasi MotoGP San Marino 2025 yakni 1 menit 30,228 detik.
“Saat ini, motor barunya lebih buruk dari yang inline-4. Saya merasa pengembangan (dari mesin V4) di Barcelona tidak saya rasakan di sini,” kata Fabio Quartararo, dikutip dari Crash, Selasa (16/09).
Perlu diketahui, Quartararo sempat mencoba motor baru Yamaha dengan mesin V4 ketika tes privat di Barcelona.
Namun pengujian secara maksimal baru bisa dilakukan di Sirkuit Misano. Mengingat kondisi cuaca hujan di Barcelona sempat menghambat proses pengetesan.
Quartararo meyakini untuk sekarang mesin V4 tidak dapat mengatasi kendala yang dialaminya, bahkan cenderung identik dengan motor lama bermesin inline-4.
Dirinya mengungkapkan, ada banyak pengembangan dibutuhkan. Pengetesan di Sirkuit Misano melibatkan banyak rider lain, membuat kekurangan mesin V4 Yamaha bisa terlihat jelas.
“Top speed-nya cukup lambat, tidak ada grip, kita harus banyak mengerjakan bagian elektroniknya. Dari sisi aerodinamika, kurang lebih sama seperti (motor) inline-4,” kata Quartararo.
Sekadar informasi, Yamaha berencana meninggalkan inline-4 dan menerapkan mesin V4 untuk MotoGP musim depan.
Yamaha merupakan satu-satunya tim yang menggunakan mesin inline-4 di MotoGP saat ini.
Meskipun disebut memiliki sejumlah keunggulan, perbedaan tersebut membuat tim kesulitan mencari referensi strategi karena tidak ada pembanding.
Di samping Yamaha, Suzuki juga menerapkan inline-4 ketika masih meramaikan MotoGP.
Motor dengan mesin inline-4 diklaim memiliki tenaga di bawah V4, tetapi terasa lebih lincah ketika diajak bermanuver.
Namun Fabio Quartararo menegaskan ada banyak PR perlu dikerjakan Yamaha sebelum dirinya bisa yakin menjajal mesin V4 Yamaha untuk balapan.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
19 Desember 2025, 19:00 WIB
19 Desember 2025, 18:00 WIB
18 Desember 2025, 17:07 WIB
18 Desember 2025, 14:00 WIB
09 Desember 2025, 22:00 WIB
Terkini
19 Desember 2025, 20:00 WIB
SUV Toyota RAV4 sebelumnya sudah terdaftar di DJKI, jadi calon mobil hybrid baru buat konsumen Indonesia
19 Desember 2025, 19:00 WIB
Kualitas Yamaha Xmax sudah teruji, usai dipakai Anshar untuk menempuh jarak 27 ribu kilometer dari Indonesia
19 Desember 2025, 18:00 WIB
MotoGP 2026 bakal banyak perbedaan, sebab para tim-tim memiliki susunan pembalap dan tampilan motor baru
19 Desember 2025, 17:00 WIB
VinFast VF e34 jadi model terbanyak yang diimpor ke pasar Indonesia, disusul mobil listrik VF 5 dan VF 3
19 Desember 2025, 16:00 WIB
Produsen oli Motul meraih banyak prestasi pada tahun ini yang memberikan motivasi tambahan pada 2026
19 Desember 2025, 15:00 WIB
Banyak konsumen potensial, fokus Chery saat ini adalah membuka lebih banyak diler di daerah luar Jakarta
19 Desember 2025, 14:00 WIB
Ganjil genap Puncak jadi upaya mengurai kemacetan menjelang akhir pekan, berlaku di ruas jalan tertentu
19 Desember 2025, 13:36 WIB
KPK baru saja menangkap Ade Kuswara Kunang bersama beberapa orang lain dalam kegiatan OTT, Kamis (18/12)