Curhat Fabio Quartararo Usai Jajal Mesin V4 Yamaha di Misano

Fabio Quartararo sebut mesin V4 Yamaha belum bisa jadi solusi pengganti inline-4, perlu banyak pengembangan

Curhat Fabio Quartararo Usai Jajal Mesin V4 Yamaha di Misano

KatadataOTO – Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo menjajal mesin V4 Yamaha pada sesi testing di Sirkuit Misano, San Marino pada Senin (15/09).

Jantung pacu itu nantinya bakal menggantikan mesin inline-4 yang selama ini digunakan oleh Yamaha.

Namun Quartararo tampak tidak puas dan mengungkapkan bahwa mesin V4 Yamaha itu masih butuh banyak pengembangan.

Sesi tes yang dilalui Fabio Quartararo di Sirkuit Misano menggunakan mesin V4 Yamaha menorehkan lap time 1 menit 31,781 detik.

Curhat Fabio Quartararo Usai Jajal Mesin V4 Yamaha di Misano
Photo : @fabioquartararo20

Jika dibandingkan, masih lebih lambat dari lap time tercepat Quartararo saat kualifikasi MotoGP San Marino 2025 yakni 1 menit 30,228 detik.

“Saat ini, motor barunya lebih buruk dari yang inline-4. Saya merasa pengembangan (dari mesin V4) di Barcelona tidak saya rasakan di sini,” kata Fabio Quartararo, dikutip dari Crash, Selasa  (16/09).

Perlu diketahui, Quartararo sempat mencoba motor baru Yamaha dengan mesin V4 ketika tes privat di Barcelona.

Namun pengujian secara maksimal baru bisa dilakukan di Sirkuit Misano. Mengingat kondisi cuaca hujan di Barcelona sempat menghambat proses pengetesan.

Quartararo meyakini untuk sekarang mesin V4 tidak dapat mengatasi kendala yang dialaminya, bahkan cenderung identik dengan motor lama bermesin inline-4.

Dirinya mengungkapkan, ada banyak pengembangan dibutuhkan. Pengetesan di Sirkuit Misano melibatkan banyak rider lain, membuat kekurangan mesin V4 Yamaha bisa terlihat jelas.

“Top speed-nya cukup lambat, tidak ada grip, kita harus banyak mengerjakan bagian elektroniknya. Dari sisi aerodinamika, kurang lebih sama seperti (motor) inline-4,” kata Quartararo.

Sekadar informasi, Yamaha berencana meninggalkan inline-4 dan menerapkan mesin V4 untuk MotoGP musim depan.

Yamaha merupakan satu-satunya tim yang menggunakan mesin inline-4 di MotoGP saat ini. 

Meskipun disebut memiliki sejumlah keunggulan, perbedaan tersebut membuat tim kesulitan mencari referensi strategi karena tidak ada pembanding. 

Kata Alex Rins dan Fabio Quartararo Soal Mesin V4 Yamaha
Photo : Yamaha

Di samping Yamaha, Suzuki juga menerapkan inline-4 ketika masih meramaikan MotoGP.

Motor dengan mesin inline-4 diklaim memiliki tenaga di bawah V4, tetapi terasa lebih lincah ketika diajak bermanuver.

Namun Fabio Quartararo menegaskan ada banyak PR perlu dikerjakan Yamaha sebelum dirinya bisa yakin menjajal mesin V4 Yamaha untuk balapan.


Terkini

komunitas
Honda Bikers Day

Wahana Beri Pelatihan P3K Pada Komunitas Jelang Honda Bikers Day

Wahana memberi pelatihan kepada para komunitas menjelang penyelenggaraan Honda Bikers Day di pertengahan November

otosport
Veda Ega Pratama Siap Berlaga di Moto3 2026 Bersama Honda Team Asia

Veda Ega Pratama Siap Berlaga di Moto3 2026 Bersama Honda Team Asia

Veda Ega Pratama resmi bergabung dengan Honda Team Asia dan siap berlaga di Moto3 2026 buat incar kemenangan

news
Catat Jadwal Ganjil Genap Puncak Terakhir di Oktober 2025

Catat Jadwal Ganjil Genap Puncak Terakhir di Oktober 2025

Berikut jadwal dan lokasi ganjil genap puncak buat masyarakat yang ingin berlibur pada akhir pekan nanti

news
Pengendara Wajib Catat Link Pantau Banjir Jakarta Hari Ini

Pengendara Wajib Catat Link Pantau Banjir Jakarta Hari Ini

Banjir Jakarta masih berpotensi terjadi sampai hari ini, sebab diperkirakan hujan akan kembali berlangsung

news
Isuzu Sorot Gencarnya Serbuan Produk Cina di Sektor Niaga

Isuzu Sorot Gencarnya Serbuan Produk Cina di Sektor Niaga

Gempuran produk Cina turut dirasakan manufaktur kendaraan komersial di Indonesia, tidak terkecuali Isuzu

mobil
GAC Bertekad Produksi 2.000 AION UT Sampai Akhir 2025

GAC Bertekad Produksi 2.000 AION UT Sampai Akhir 2025

GAC Indonesia tengah berusaha untuk memenuhi permintaan AION UT dari para konsumen sampai akhir tahun nanti

mobil
Pertaruhan BYD Goda Pasar Jepang Lewat Kei Car, Banyak Risikonya

Pertaruhan BYD Goda Pasar Jepang Lewat Kei Car, Banyak Risikonya

BYD menghadapi berbagai tantangan untuk mempopulerkan kei car perdananya, Racco di pasar otomotif Jepang

mobil
Isuzu D-Max 2026

Isuzu Minat Bawa D-Max 2026 ke RI, Tantang Ford Ranger

Isuzu D-Max 2026 siap meramaikan segmen pikap kabin ganda di Indonesia, kemungkinan hadir tahun depan