Modifikasi Yamaha Xmax Agar Nyaman Saat Touring, Habis Rp 400 Juta
28 Oktober 2025, 11:00 WIB
Fabio Quartararo sebut mesin V4 Yamaha belum bisa jadi solusi pengganti inline-4, perlu banyak pengembangan
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo menjajal mesin V4 Yamaha pada sesi testing di Sirkuit Misano, San Marino pada Senin (15/09).
Jantung pacu itu nantinya bakal menggantikan mesin inline-4 yang selama ini digunakan oleh Yamaha.
Namun Quartararo tampak tidak puas dan mengungkapkan bahwa mesin V4 Yamaha itu masih butuh banyak pengembangan.
Sesi tes yang dilalui Fabio Quartararo di Sirkuit Misano menggunakan mesin V4 Yamaha menorehkan lap time 1 menit 31,781 detik.
Jika dibandingkan, masih lebih lambat dari lap time tercepat Quartararo saat kualifikasi MotoGP San Marino 2025 yakni 1 menit 30,228 detik.
“Saat ini, motor barunya lebih buruk dari yang inline-4. Saya merasa pengembangan (dari mesin V4) di Barcelona tidak saya rasakan di sini,” kata Fabio Quartararo, dikutip dari Crash, Selasa (16/09).
Perlu diketahui, Quartararo sempat mencoba motor baru Yamaha dengan mesin V4 ketika tes privat di Barcelona.
Namun pengujian secara maksimal baru bisa dilakukan di Sirkuit Misano. Mengingat kondisi cuaca hujan di Barcelona sempat menghambat proses pengetesan.
Quartararo meyakini untuk sekarang mesin V4 tidak dapat mengatasi kendala yang dialaminya, bahkan cenderung identik dengan motor lama bermesin inline-4.
Dirinya mengungkapkan, ada banyak pengembangan dibutuhkan. Pengetesan di Sirkuit Misano melibatkan banyak rider lain, membuat kekurangan mesin V4 Yamaha bisa terlihat jelas.
“Top speed-nya cukup lambat, tidak ada grip, kita harus banyak mengerjakan bagian elektroniknya. Dari sisi aerodinamika, kurang lebih sama seperti (motor) inline-4,” kata Quartararo.
Sekadar informasi, Yamaha berencana meninggalkan inline-4 dan menerapkan mesin V4 untuk MotoGP musim depan.
Yamaha merupakan satu-satunya tim yang menggunakan mesin inline-4 di MotoGP saat ini.
Meskipun disebut memiliki sejumlah keunggulan, perbedaan tersebut membuat tim kesulitan mencari referensi strategi karena tidak ada pembanding.
Di samping Yamaha, Suzuki juga menerapkan inline-4 ketika masih meramaikan MotoGP.
Motor dengan mesin inline-4 diklaim memiliki tenaga di bawah V4, tetapi terasa lebih lincah ketika diajak bermanuver.
Namun Fabio Quartararo menegaskan ada banyak PR perlu dikerjakan Yamaha sebelum dirinya bisa yakin menjajal mesin V4 Yamaha untuk balapan.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
28 Oktober 2025, 11:00 WIB
14 Oktober 2025, 20:00 WIB
13 Oktober 2025, 18:32 WIB
10 Oktober 2025, 18:30 WIB
10 Oktober 2025, 09:00 WIB
Terkini
31 Oktober 2025, 16:00 WIB
Wahana memberi pelatihan kepada para komunitas menjelang penyelenggaraan Honda Bikers Day di pertengahan November
31 Oktober 2025, 15:00 WIB
Veda Ega Pratama resmi bergabung dengan Honda Team Asia dan siap berlaga di Moto3 2026 buat incar kemenangan
31 Oktober 2025, 14:00 WIB
Berikut jadwal dan lokasi ganjil genap puncak buat masyarakat yang ingin berlibur pada akhir pekan nanti
31 Oktober 2025, 13:00 WIB
Banjir Jakarta masih berpotensi terjadi sampai hari ini, sebab diperkirakan hujan akan kembali berlangsung
31 Oktober 2025, 12:00 WIB
Gempuran produk Cina turut dirasakan manufaktur kendaraan komersial di Indonesia, tidak terkecuali Isuzu
31 Oktober 2025, 11:00 WIB
GAC Indonesia tengah berusaha untuk memenuhi permintaan AION UT dari para konsumen sampai akhir tahun nanti
31 Oktober 2025, 10:00 WIB
BYD menghadapi berbagai tantangan untuk mempopulerkan kei car perdananya, Racco di pasar otomotif Jepang
31 Oktober 2025, 09:00 WIB
Isuzu D-Max 2026 siap meramaikan segmen pikap kabin ganda di Indonesia, kemungkinan hadir tahun depan