Mau Ikut Trackday, Ini Tips Aman buat Bikers Pemula
16 Mei 2025, 13:00 WIB
Sirkuit Mandalika siap gelar balap mobil setelah menerima lisensi Grade 2 FIA pada akhir Januari 2023
Oleh Satrio Adhy
TRENOTO – Pertamina Mandalika International Street Circuit kabarnya akan menerima lisensi Grade 2 dari FIA (Federationale de I’Automobile) pada akhir Januari 2023. Hal ini dikatakan langsung oleh Bambang Soesatyo, Ketua IMI (Ikatan Motor Indonesia) pada Kamis (13/1).
Pria yang kerap disapa Bamsoet mengungkapkan, kalau hal tersebut didapatkan setelah Timothy Schenken selaku Inspektur FIA melakukan pengecekan terhadap sirkuit kebanggan warga Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Saat itu Timothy ditemani oleh Ananda Mikola selaku Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil PP IMI serta jajaran ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation maupun MGPA (Mandalika Grand Prix Association).
“Paling lambat Februari 2023 Sirkuit Mandalika akan menerima lisensi Grade 2 dari FIA. Setelahnya kita bisa menyelenggarakan kejuaran balap mobil internasional seperti F2, GT Wolrd Challenge, Asia Le Mans Series hingga World Endurance Challenge,” ungkap Bamsoet.
Sementara itu Priandhi Satria, Direktur MGPA menambahkan pihaknya harus melakukan sedikit modifikasi minor sesuai rekomendasi FIA. Satu diantaranya pemasangan rumput di sekeliling lintasan serta model pagar pembatas yang dapat mengurangi dampak benturan mobil saat kecelakaan.
“Jadi harus ada track limit supaya tidak satu badan mobil seluruhnya melewati kerb. Biasanya dipasangi sausage kerb atau gari-garis, namun ini bertentangan dengan balap motor, kalau dilindas bisa bikin celaka,” ungkap Priandhi.
Oleh karenanya MGPA bakal sedikit melakukan perubahan mengenai track limit. Soalnya perlu desain khusus biar lebih fleksibel.
“Kami ingin track limit yang bisa dibongkar pasang jadi giliran balap motor dapat kami buka, tapi bisa dipasang pas ajang roda empat,” lanjutnya.
Seperti diketahui sekarang mereka baru memiliki lisensi Grade A dari FIM guna menggelar World Superbike dan MotoGP. Karenanya perlu sedikit penyesuian lagi agar Sirkuit Mandalika siap gelar balap mobil tahun ini.
Selanjutnya FIA meminta modifikasi jalur masuk pit pada tikungan 16-17. Lalu indikator kecepatan berbeda untuk adu kecepatan roda empat yang terpasang di atas.
“Harapannya pada rentang satu bulan kami bisa mendapatkan kepastian harus perbaiki apa karena kita tidak akan melakukan modifikasi sebelum FIA Setuju, track limit diajukan seperti apa, bahannya gimana, kalau oke baru dibuat,” Priandhi menutup perkataanya.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
16 Mei 2025, 13:00 WIB
09 Mei 2025, 11:10 WIB
07 Mei 2025, 07:00 WIB
05 Mei 2025, 13:00 WIB
05 Mei 2025, 10:00 WIB
Terkini
17 Mei 2025, 11:00 WIB
Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 09:00 WIB
Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI
17 Mei 2025, 07:15 WIB
Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti
16 Mei 2025, 17:37 WIB
Berbagai merek premium termasuk Porsche menghadapi tantangan berat di era elektrifikasi, hadapi produk Cina
16 Mei 2025, 16:00 WIB
Pabrik CATL di Indonesia diharapkan bisa beroperasi mulai Maret 2026 dengan konsumendari berbagai negara