Pemandangan Unik di Jepang, Motor Bebas Lalu Lalang di Jalan Tol

Tanpa jalur khusus, pengguna sepeda motor yang memenuhi syarat di Jepang bebas memanfaatkan jalan tol

Pemandangan Unik di Jepang, Motor Bebas Lalu Lalang di Jalan Tol

KatadataOTO – Beberapa negara di dunia memperbolehkan pengguna sepeda motor menikmati jalan tol. Salah satunya adalah Jepang.

Ini berbeda dengan di Indonesia seperti tol Bali-Mandara, karena motor boleh melintas di jalur khusus yang telah disediakan.

Di Jepang, terlihat sejumlah motor melaju bebas di lajur pertama maupun kedua jalan tol.

Regulasi di sana, kendaraan bermotor roda dua memang diizinkan masuk jalan tol. Tetapi ada sejumlah persyaratan perlu dipatuhi.

Pemandangan Unik di Jepang, Motor Bebas Lalu Lalang di Jalan Tol
Photo : KatadataOTO

“Di tol memang boleh, asalkan cc-nya (kapasitas mesin) mencukupi,” kata Feri, pemandu wisata kepada KatadataOTO di Jepang, Jumat (26/09).

Motor yang bisa melaju di jalan tol harus memiliki kapasitas di atas 125 cc.

Kemudian pengendara sepeda motor juga harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai peruntukan jika ingin mengakses jalan tol.

Mirip di Indonesia, jenis SIM berbeda mengacu pada kapasitas sepeda motor para penggunanya.

SIM motor skuter berlaku untuk kendaraan roda dua berkubikasi di kisaran 50 cc. Lalu ada SIM motor kapasitas kecil di bawah 125 cc.

Di atasnya, ada SIM kendaraan roda dua untuk motor di atas 400 cc dan SIM kendaraan roda dua berkapasitas besar.

Di sisi lain, melihat pengguna sepeda motor di Jepang adalah hal langka. Tidak banyak orang menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

“Karena transportasi umumnya sudah memadai. Ada bus, kereta,” kata Feri.

Lainnya memilih untuk menggunakan mobil pribadi karena lebih nyaman untuk bepergian.

Kemudian banyak juga yang pakai sepeda karena aturan jelas dan tersedia jalur khusus. Sehingga pesepeda tetap aman menggunakan jalan berdampingan dengan kendaraan lain.

Sebagai informasi, masih ada negara lain yang memperbolehkan sepeda motor ikut menggunakan jalan bebas hambatan alias tol.

Pemandangan Unik di Jepang, Motor Bebas Lalu Lalang di Jalan Tol
Photo : KatadataOTO

Hanya saja ketentuan kapasitas mesinnya bervariasi tergantung aturan di negara tersebut.

Di Austria dan Australia misalnya, motor yang mau masuk jalan tol wajib memiliki kapasitas di atas 50 cc.

Sedangkan di Italia, sepeda motor harus memenuhi persyaratan kubikasi mesin paling tidak 149 cc apabila akan melintas di jalan tol.


Terkini

otosport
Audi Debut F1

Audi Siap Debut F1 Tahun Depan, Perkenalkan Livery Perdananya

Audi berikan bocoran desain mobil Formula 1 perdana mereka yang bakal debut tahun depan, ambil alih tim Sauber

mobil
Bos Ford Ungkap Beda Konsumen Mobil Premium di RI dengan Thailand

Bos Ford Ungkap Beda Konsumen Mobil Premium di RI dengan Thailand

Ada satu hal yang disorot oleh bos Ford sebagai perbedaan utama karakter konsumen Indonesia dan Thailand

mobil
Suzuki XL7 Bekas

Penjualan Mobil Bekas di 2025 Turun Meski Stok Melimpah

Penurunan penjualan mobil bekas di 2025 disebabkan oleh beragam faktor, termasuk ketatnya aturan kredit kendaraan

news
SW-Motech

SW-Motech Manfaatkan IMHAX 2025 Debut di Indonesia

Brand aksesoris asal Jerman SW-Motech masuk Indonesia di bawah naungan ONE3 Motorshop di ajang IMHAX 2025

news
Federal Oil

Federal Oil Terus Edukasi Konsumen Penggunaan Oli Asli

Federal Oil berkomitmen untuk mencegah peredaran oli palsu di Indonesia dengan sejumlah program menarik

news
Respiro

Respiro Luncurkan Dua Jaket Premium Baru di IMHAX 2025

Respiro mencoba menggoda para pengunjung pameran IMHAX 2025 melalui produk-produk terbaru dan juga inovatif

mobil
Sedan Isuzu Bellel

Isuzu Bellel, Mobil Penumpang Bermesin Diesel Pertama di Jepang

Isuzu Bellel menjadi bagian dari sejarah kiprah Isuzu di dunia otomotif, pionir yang debut di 1961-an

news
IMHAX 2025

IMHAX 2025 Resmi Dibuka, Ada Diskon Apparel Hingga 50 Persen

IMHAX 2025 digelar untuk memanjakan para pengguna kendaraan roda dua di Jabodetabek dengan banyak promo