GMA Goda Para Pengguna Yamaha Xmax Lewat Stoplamp Baru
14 November 2025, 11:00 WIB
Yamaha hadirkan penyegaran skutik retro Janus 125 di Vietnam, ditawarkan dengan harga mulai Rp 17 jutaan
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Yamaha kembali menghadirkan skutik retro terbaru di pasar Vietnam yakni all new Limited Edition Janus 125. Model itu sebelumnya sudah hadir pada 2016.
Opsi kelir baru ditawarkan untuk tampil lebih elegan dan sporti bergaya Two Tone buat tipe tertinggi ini. Ada Matte Gray Blue, Matte Black and Yellow, Matte Gray dan Matte Silver.
Harga ditawarkan buat varian tersebut adalah 33,3 juta VND (Rp 20,5 jutaan), lebih murah dari skutik retro Honda Scoopy yang dijual mulai Rp 22,5 jutaan.
Sementara tipe standar dilego 28,6 jutaan VND (Rp 17,6 jutaan), tersedia tiga warna baru yaitu White-Gray, Red-Black dan Black.
Yamaha juga memberikan sedikit ubahan pada eksterior, tetapi masih tetap mempertahankan perpaduan desain retro dan modern pada skutik tersebut. Paling kentara adalah desain lampu belakang identik dengan Nmax Turbo.
Kemudian pada varian Limited Edition ada penambahan fitur guna mempermudah pengguna seperti Smart Key dan Stop & Start System.
Yamaha Janus 125 digadang sebagai versi Entry Level dari Fazzio dan Filano, mengisi seri Classy dari manufaktur Jepang ini.
Banderolnya memang lebih murah karena meski menggunakan mesin standar Bluecore berkapasitas 125 cc, pabrikan tidak menyematkan teknologi hybrid pada Yamaha Janus 125.
Bicara performa, skutik retro ini diklaim dapat menghasilkan tenaga 9,5 hp pada 8.000 rpm. Sementara torsi puncaknya adalah 9,6 Nm di 5.500 rpm.
Sementara di Indonesia, PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) baru saja meluncurkan skutik retro dengan banderol yang diklaim kompetitif, yakni tipe terbaru Fazzio Hybrid.
Sama seperti Janus 125, tipe terendahnya belum dilengkapi sejumlah fitur terkini seperti Keyless Start-Stop. Tetapi diharapkan bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang tertarik menggunakan skutik retro hybrid.
PT YIMM sendiri memutuskan buat meluncurkan tipe baru di kelas Classy Yamaha karena menjadi salah satu tulang punggung penjualan mereka di Tanah Air.
“Kategori klasik kita sebut itu jadi Second Pillar kita dalam penjualan. Dengan peluncuran ini variannya jadi terjangkau,” kata Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.
Penjualan Fazzio di Indonesia diklaim baik, bahkan mengalahkan model andalan lain seperti Mio M3. Konsumennya juga tersebar tidak hanya di Jakarta namun juga Bandung, Bali, Sulawesi sampai Medan.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
14 November 2025, 11:00 WIB
13 November 2025, 23:00 WIB
12 November 2025, 15:02 WIB
11 November 2025, 14:00 WIB
11 November 2025, 10:00 WIB
Terkini
14 November 2025, 22:00 WIB
Polytron menunjukkan tren positif penjualan mobil listrik di Oktober 2025, salurkan 103 unit ke konsumen
14 November 2025, 21:00 WIB
Ratusan anggota komunitas J6 EVO diajak untuk mengikuti acara yang diinisiasi oleh Chery beberapa waktu lalu
14 November 2025, 20:00 WIB
Von Dutch merilis koleksi busana untuk perempuan dengan pilihan warna menarik untuk memperluas pasar
14 November 2025, 19:00 WIB
Nicolo Bulega bertekad naik kelas ke MotoGP, namun perlu melakukan banyak penyesuaian pola berkendara
14 November 2025, 18:01 WIB
Polda Metro Jaya bakal melakukan rekayasa lalu lintas ketika kedatangan Raja Yordania dimulai hari ini
14 November 2025, 17:00 WIB
Galespeed dan Active hadir di Indonesia melalui One3 Motoshop dengan memanfaatkan ajang pameran IMHAX 2025
14 November 2025, 16:00 WIB
Menperin menganggap sektor otomotif tidak boleh diabaikan karena memiliki keterkaitan dalam ekonomi nasional
14 November 2025, 15:00 WIB
Setelah Ora 03, mobil listrik GWM Ora 07 yang debut ASEAN di Thailand tercatat di data wholesales Gaikindo