Yamaha Luncurkan Pelumas Yamalube untuk Skutik 125 cc
28 Juni 2025, 19:00 WIB
Yamaha hadirkan penyegaran skutik retro Janus 125 di Vietnam, ditawarkan dengan harga mulai Rp 17 jutaan
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Yamaha kembali menghadirkan skutik retro terbaru di pasar Vietnam yakni all new Limited Edition Janus 125. Model itu sebelumnya sudah hadir pada 2016.
Opsi kelir baru ditawarkan untuk tampil lebih elegan dan sporti bergaya Two Tone buat tipe tertinggi ini. Ada Matte Gray Blue, Matte Black and Yellow, Matte Gray dan Matte Silver.
Harga ditawarkan buat varian tersebut adalah 33,3 juta VND (Rp 20,5 jutaan), lebih murah dari skutik retro Honda Scoopy yang dijual mulai Rp 22,5 jutaan.
Sementara tipe standar dilego 28,6 jutaan VND (Rp 17,6 jutaan), tersedia tiga warna baru yaitu White-Gray, Red-Black dan Black.
Yamaha juga memberikan sedikit ubahan pada eksterior, tetapi masih tetap mempertahankan perpaduan desain retro dan modern pada skutik tersebut. Paling kentara adalah desain lampu belakang identik dengan Nmax Turbo.
Kemudian pada varian Limited Edition ada penambahan fitur guna mempermudah pengguna seperti Smart Key dan Stop & Start System.
Yamaha Janus 125 digadang sebagai versi Entry Level dari Fazzio dan Filano, mengisi seri Classy dari manufaktur Jepang ini.
Banderolnya memang lebih murah karena meski menggunakan mesin standar Bluecore berkapasitas 125 cc, pabrikan tidak menyematkan teknologi hybrid pada Yamaha Janus 125.
Bicara performa, skutik retro ini diklaim dapat menghasilkan tenaga 9,5 hp pada 8.000 rpm. Sementara torsi puncaknya adalah 9,6 Nm di 5.500 rpm.
Sementara di Indonesia, PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) baru saja meluncurkan skutik retro dengan banderol yang diklaim kompetitif, yakni tipe terbaru Fazzio Hybrid.
Sama seperti Janus 125, tipe terendahnya belum dilengkapi sejumlah fitur terkini seperti Keyless Start-Stop. Tetapi diharapkan bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang tertarik menggunakan skutik retro hybrid.
PT YIMM sendiri memutuskan buat meluncurkan tipe baru di kelas Classy Yamaha karena menjadi salah satu tulang punggung penjualan mereka di Tanah Air.
“Kategori klasik kita sebut itu jadi Second Pillar kita dalam penjualan. Dengan peluncuran ini variannya jadi terjangkau,” kata Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.
Penjualan Fazzio di Indonesia diklaim baik, bahkan mengalahkan model andalan lain seperti Mio M3. Konsumennya juga tersebar tidak hanya di Jakarta namun juga Bandung, Bali, Sulawesi sampai Medan.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
28 Juni 2025, 19:00 WIB
22 Juni 2025, 21:16 WIB
22 Juni 2025, 07:51 WIB
21 Juni 2025, 18:50 WIB
19 Juni 2025, 07:00 WIB
Terkini
01 Juli 2025, 23:35 WIB
Polisi akhirnya ungkap kronologi seorang anak mendadak keluar dari bus yang sedang melaju di jalan tol
01 Juli 2025, 23:30 WIB
Belum bisa saingi kendaraan konvensional, Populix ungkap alasan masyarakat ragu beralih ke mobil listrik
01 Juli 2025, 23:13 WIB
Dorna Sport memberi peringatan kepada Jorge Martin untuk menghormati kontrak yang sudah ada dengan Aprilia
01 Juli 2025, 22:08 WIB
Gugatan BMW yang diajukan untuk BYD ke pengadilan pada Februari 2025 telah ditolak, berikut alasannya
01 Juli 2025, 21:25 WIB
Menurut Jaecoo perang harga mobil Cina wajar dilakukan, asal tetap memberikan value lebih kepada para konsumen
01 Juli 2025, 20:08 WIB
MotoGP Malaysia 2025 menargetkan bisa menarik 13 ribu penonton asal Indonesia atau dari tahun sebelumnya
01 Juli 2025, 19:00 WIB
Ground Zero meluncurkan tiga produk baru untuk merayakan hari jadi mereka yang ke-30, dijual secara terbatas
01 Juli 2025, 18:00 WIB
Kepulauan Riau gelar pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk mudahkan warganya menjalankan kewajiban