Jerit Bengkel Modifikasi saat Pasar Motor Baru Tak Bergairah
17 Agustus 2025, 11:00 WIB
Yamaha hadirkan penyegaran skutik retro Janus 125 di Vietnam, ditawarkan dengan harga mulai Rp 17 jutaan
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Yamaha kembali menghadirkan skutik retro terbaru di pasar Vietnam yakni all new Limited Edition Janus 125. Model itu sebelumnya sudah hadir pada 2016.
Opsi kelir baru ditawarkan untuk tampil lebih elegan dan sporti bergaya Two Tone buat tipe tertinggi ini. Ada Matte Gray Blue, Matte Black and Yellow, Matte Gray dan Matte Silver.
Harga ditawarkan buat varian tersebut adalah 33,3 juta VND (Rp 20,5 jutaan), lebih murah dari skutik retro Honda Scoopy yang dijual mulai Rp 22,5 jutaan.
Sementara tipe standar dilego 28,6 jutaan VND (Rp 17,6 jutaan), tersedia tiga warna baru yaitu White-Gray, Red-Black dan Black.
Yamaha juga memberikan sedikit ubahan pada eksterior, tetapi masih tetap mempertahankan perpaduan desain retro dan modern pada skutik tersebut. Paling kentara adalah desain lampu belakang identik dengan Nmax Turbo.
Kemudian pada varian Limited Edition ada penambahan fitur guna mempermudah pengguna seperti Smart Key dan Stop & Start System.
Yamaha Janus 125 digadang sebagai versi Entry Level dari Fazzio dan Filano, mengisi seri Classy dari manufaktur Jepang ini.
Banderolnya memang lebih murah karena meski menggunakan mesin standar Bluecore berkapasitas 125 cc, pabrikan tidak menyematkan teknologi hybrid pada Yamaha Janus 125.
Bicara performa, skutik retro ini diklaim dapat menghasilkan tenaga 9,5 hp pada 8.000 rpm. Sementara torsi puncaknya adalah 9,6 Nm di 5.500 rpm.
Sementara di Indonesia, PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) baru saja meluncurkan skutik retro dengan banderol yang diklaim kompetitif, yakni tipe terbaru Fazzio Hybrid.
Sama seperti Janus 125, tipe terendahnya belum dilengkapi sejumlah fitur terkini seperti Keyless Start-Stop. Tetapi diharapkan bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang tertarik menggunakan skutik retro hybrid.
PT YIMM sendiri memutuskan buat meluncurkan tipe baru di kelas Classy Yamaha karena menjadi salah satu tulang punggung penjualan mereka di Tanah Air.
“Kategori klasik kita sebut itu jadi Second Pillar kita dalam penjualan. Dengan peluncuran ini variannya jadi terjangkau,” kata Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.
Penjualan Fazzio di Indonesia diklaim baik, bahkan mengalahkan model andalan lain seperti Mio M3. Konsumennya juga tersebar tidak hanya di Jakarta namun juga Bandung, Bali, Sulawesi sampai Medan.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
17 Agustus 2025, 11:00 WIB
11 Agustus 2025, 11:00 WIB
09 Agustus 2025, 14:04 WIB
15 Juli 2025, 08:00 WIB
10 Juli 2025, 10:00 WIB
Terkini
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
Penjualan Daihatsu Juli 2025 mengalami kenaikan hingga buat perusahaan jadi yang terlaris kedua di Indonesia
17 Agustus 2025, 20:00 WIB
Marc Marquez catatkan kemenangan ke-1.000 di Sirkuit Red Bull Ring, berikut hasil MotoGP Austria 2025
17 Agustus 2025, 17:00 WIB
Gaikindo berharap pemerintah beri insentif untuk industri otomotif agar tidak tersaingi oleh Malaysia
17 Agustus 2025, 15:00 WIB
Sepanjang Agustus 2025 ada diskon motor matic Honda yang dapat dimanfaatkan, seperti untuk pembelian Beat
17 Agustus 2025, 13:00 WIB
Jenis oli mobil yang dipasarkan di Indonesia beragam merek dan jenisnya sehingga konsumen wajib tahu
17 Agustus 2025, 11:00 WIB
Para bengkel modifikasi mengaku sekarang situasinya sangat sulit saat pasar motor baru di Indonesia lesu
17 Agustus 2025, 09:00 WIB
Changan Hunter diperkirakan jadi salah satu produk perdana merek Tiongkok ini di Indonesia, sudah terdaftar
17 Agustus 2025, 07:00 WIB
Lokasi kantong parkir untuk upacara HUT RI dan Kirab Pesta Rakyat sudah disiapkan pemerintah dengan jumlah terbatas