Yamaha Nmax Turbo dan Neo Dapat Warna Baru, Harga Tidak Naik
11 November 2025, 10:00 WIB
Model jagoan Yamaha di Indonesia mendominasi penjualan dan diyakini akan terus bertumbuh di masa mendatang
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Penjualan Yamaha di Indonesia tentunya masih dikuasai oleh model-model matic. Hal ini sesuai dengan kondisi pasar di Tanah Air yang didominasi skutik (skuter matic).
Sekadar informasi jika berdasarkan data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), pasar kuda besi model tersebut di atas unggul 90 persen lebih jika dibandingkan jenis sport atau bebek.
Namun setiap merek memiliki model unggulan atau dalam istilah jagoan. Dalam hal ini Yamaha dikatakan mempunyai model yang lebih diterima pasar.
“Memang bukan mendominasi sekali, tapi memiliki peranan penting di Indonesia,” kata Rifki Maulana, Manager Public Relations PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) di Bulukumba, Sulawesi Selatan (19/10).
Untuk diketahui di kelas Maxi Yamaha terdapat beberapa model seperti Lexi LX 155, Aerox 155, Nmax Turbo juga Neo dan Xmax 250. Sedangkan di kategori Classy ditawarkan Yamaha Fazzio serta Grand Filano hybrid.
Yamaha Nmax Turbo merupakan model paling anyar dari YIMM. Berbagai sentuhan menarik disematkan guna menggoda masyarakat.
Bahkan unit tersebut telah menjalani sesi pengetesan dari Aceh hingga Sulawesi. Menempuh jarak ribuan kilometer, Yamaha Nmax Turbo berhasil membuktikan keandalan hingga keunggulan teknologinya.
Disebutkan jika penerimaan masyarakat di Tanah Air cukup positif. Tipe Neo disebut-sebut merupakan varian paling laris di pasaran.
“Memang sejak awal kami telah menyiapkan beberapa varian untuk masyarakat. Untuk Nmax Neo sejak awal mendapat suplai lebih banyak,” jelas Rifki.
Sedangkan pada kelas Classy didominasi oleh Yamaha Grand Filano. Sementara penerimaan Fazzio juga tidak kalah moncer.
“Selain Maxi, kategori klasik kami menjadi second pillar dalam hal penjualan. Sekarang masih Grand Filano, tapi mungkin sebentar lagi disusul (Fazzio),” ucap Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di sela-sela peluncuran varian terbaru Yamaha Fazzio Hybrid.
Menurutnya penjualan matic Yamaha di segmen Classy tercatat paling besar di wilayah Bali, Sulawesi dan Medan. Lalu untuk pasar Jakarta dan Bandung diyakini terus tumbuh.
Sayang hingga saat ini pihak Yamaha masih belum mau mengungkapkan data terkait penjualan. Namun jika mengacu pada data AISI, total sepeda motor yang telah diniagakan di dalam negeri sebesar 4.8 juta unit periode Januari hingga September 2024.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
11 November 2025, 10:00 WIB
16 Oktober 2025, 21:00 WIB
30 Agustus 2025, 13:00 WIB
21 Agustus 2025, 16:00 WIB
10 Juli 2025, 20:00 WIB
Terkini
16 November 2025, 21:24 WIB
Marco Bezzecchi tutup musim ini dengan capaian manis di MotoGP Valencia 2025 dengan finish pertama
16 November 2025, 17:00 WIB
Mazda EZ-6 dan Changan Deepal LO7 sama-sama berpeluang besar untuk dipasarkan ke konsumen di Tanah Air
16 November 2025, 15:14 WIB
Chery beri penjelasan soal Fengyun X3L yang alami kecelakaan saat sedang uji ketangguhan di Gunung Tianmen
16 November 2025, 13:00 WIB
Suzuki Ertiga bekas lansiran 2024 bisa jadi pilihan masyarakat buat berkendara saat libur Natal dan tahun baru
16 November 2025, 11:00 WIB
Puncak acara Honda Bikers Day 2025 memberikan pengalaman berbeda di Garut dengan puluhan ribu pemotor
16 November 2025, 09:00 WIB
Banyak kegiatan menarik disuguhkan buat para anggota komunitas selama Honda Culture Indonesia berlangsung
16 November 2025, 08:00 WIB
Honda ADV 160 membuktikan performanya dalam perjalanan melintasi pantai selatan Jawa Barat menuju HBD 2025
16 November 2025, 07:00 WIB
Pilihan Toyota Calya bekas lansiran 2024 makin menarik karena ada program TDP Rp 7 jutaan dan tenor panjang