Diskon Yamaha Nmax Turbo di IMOS 2024, Rp 1 Jutaan
01 November 2024, 22:00 WIB
Model jagoan Yamaha di Indonesia mendominasi penjualan dan diyakini akan terus bertumbuh di masa mendatang
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Penjualan Yamaha di Indonesia tentunya masih dikuasai oleh model-model matic. Hal ini sesuai dengan kondisi pasar di Tanah Air yang didominasi skutik (skuter matic).
Sekadar informasi jika berdasarkan data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), pasar kuda besi model tersebut di atas unggul 90 persen lebih jika dibandingkan jenis sport atau bebek.
Namun setiap merek memiliki model unggulan atau dalam istilah jagoan. Dalam hal ini Yamaha dikatakan mempunyai model yang lebih diterima pasar.
“Memang bukan mendominasi sekali, tapi memiliki peranan penting di Indonesia,” kata Rifki Maulana, Manager Public Relations PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) di Bulukumba, Sulawesi Selatan (19/10).
Untuk diketahui di kelas Maxi Yamaha terdapat beberapa model seperti Lexi LX 155, Aerox 155, Nmax Turbo juga Neo dan Xmax 250. Sedangkan di kategori Classy ditawarkan Yamaha Fazzio serta Grand Filano hybrid.
Yamaha Nmax Turbo merupakan model paling anyar dari YIMM. Berbagai sentuhan menarik disematkan guna menggoda masyarakat.
Bahkan unit tersebut telah menjalani sesi pengetesan dari Aceh hingga Sulawesi. Menempuh jarak ribuan kilometer, Yamaha Nmax Turbo berhasil membuktikan keandalan hingga keunggulan teknologinya.
Disebutkan jika penerimaan masyarakat di Tanah Air cukup positif. Tipe Neo disebut-sebut merupakan varian paling laris di pasaran.
“Memang sejak awal kami telah menyiapkan beberapa varian untuk masyarakat. Untuk Nmax Neo sejak awal mendapat suplai lebih banyak,” jelas Rifki.
Sedangkan pada kelas Classy didominasi oleh Yamaha Grand Filano. Sementara penerimaan Fazzio juga tidak kalah moncer.
“Selain Maxi, kategori klasik kami menjadi second pillar dalam hal penjualan. Sekarang masih Grand Filano, tapi mungkin sebentar lagi disusul (Fazzio),” ucap Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di sela-sela peluncuran varian terbaru Yamaha Fazzio Hybrid.
Menurutnya penjualan matic Yamaha di segmen Classy tercatat paling besar di wilayah Bali, Sulawesi dan Medan. Lalu untuk pasar Jakarta dan Bandung diyakini terus tumbuh.
Sayang hingga saat ini pihak Yamaha masih belum mau mengungkapkan data terkait penjualan. Namun jika mengacu pada data AISI, total sepeda motor yang telah diniagakan di dalam negeri sebesar 4.8 juta unit periode Januari hingga September 2024.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
01 November 2024, 22:00 WIB
22 Oktober 2024, 13:00 WIB
19 Oktober 2024, 07:00 WIB
15 Oktober 2024, 08:00 WIB
14 Oktober 2024, 16:00 WIB
Terkini
19 November 2024, 16:00 WIB
Mobil listrik Aletra jadi penantang baru MPV BYD M6 di pameran GJAW 2024, begini tampilan eksteriornya
19 November 2024, 15:22 WIB
Harley-Davidson dan Dorna Sport selaku penyelenggara MotoGP mengumumkan kalau mereka akan melakukan kerja sama
19 November 2024, 15:00 WIB
Jetour T2 siap meluncur tahun depan untuk menantang Suzuki Jimny di segmen SUV Offroad yang kuasai pasar Indonesia
19 November 2024, 12:21 WIB
Menurut produsen SMK Helmet, penggunaan pelindung kepala model modular semakin banyak diadopsi di Indonesia
19 November 2024, 11:30 WIB
Pemerintah akan menaikan PPN dari 11 persen menjadi 12 persen mulai 1 Januari 2025, begini tanggapan Daihatsu
19 November 2024, 10:00 WIB
Menurut data Aisi penjualan motor baru di Indonesia sejak Januari sampai Oktober 2024 capai 5,4 juta unit
19 November 2024, 09:00 WIB
Sejumlah mobil baru Suzuki diprediksi bakal melantai dalam pameran GJAW 2024 yang diselenggarakan 22 November
19 November 2024, 08:00 WIB
ACC berharap kredit mobil baru tidak terlalu banyak berdampak karena kenaikan PPN 12 pada awal tahun depan