Yamaha Luncurkan Apparel Resmi, Dijual Terbatas
30 Agustus 2025, 13:00 WIB
Model jagoan Yamaha di Indonesia mendominasi penjualan dan diyakini akan terus bertumbuh di masa mendatang
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Penjualan Yamaha di Indonesia tentunya masih dikuasai oleh model-model matic. Hal ini sesuai dengan kondisi pasar di Tanah Air yang didominasi skutik (skuter matic).
Sekadar informasi jika berdasarkan data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), pasar kuda besi model tersebut di atas unggul 90 persen lebih jika dibandingkan jenis sport atau bebek.
Namun setiap merek memiliki model unggulan atau dalam istilah jagoan. Dalam hal ini Yamaha dikatakan mempunyai model yang lebih diterima pasar.
“Memang bukan mendominasi sekali, tapi memiliki peranan penting di Indonesia,” kata Rifki Maulana, Manager Public Relations PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) di Bulukumba, Sulawesi Selatan (19/10).
Untuk diketahui di kelas Maxi Yamaha terdapat beberapa model seperti Lexi LX 155, Aerox 155, Nmax Turbo juga Neo dan Xmax 250. Sedangkan di kategori Classy ditawarkan Yamaha Fazzio serta Grand Filano hybrid.
Yamaha Nmax Turbo merupakan model paling anyar dari YIMM. Berbagai sentuhan menarik disematkan guna menggoda masyarakat.
Bahkan unit tersebut telah menjalani sesi pengetesan dari Aceh hingga Sulawesi. Menempuh jarak ribuan kilometer, Yamaha Nmax Turbo berhasil membuktikan keandalan hingga keunggulan teknologinya.
Disebutkan jika penerimaan masyarakat di Tanah Air cukup positif. Tipe Neo disebut-sebut merupakan varian paling laris di pasaran.
“Memang sejak awal kami telah menyiapkan beberapa varian untuk masyarakat. Untuk Nmax Neo sejak awal mendapat suplai lebih banyak,” jelas Rifki.
Sedangkan pada kelas Classy didominasi oleh Yamaha Grand Filano. Sementara penerimaan Fazzio juga tidak kalah moncer.
“Selain Maxi, kategori klasik kami menjadi second pillar dalam hal penjualan. Sekarang masih Grand Filano, tapi mungkin sebentar lagi disusul (Fazzio),” ucap Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di sela-sela peluncuran varian terbaru Yamaha Fazzio Hybrid.
Menurutnya penjualan matic Yamaha di segmen Classy tercatat paling besar di wilayah Bali, Sulawesi dan Medan. Lalu untuk pasar Jakarta dan Bandung diyakini terus tumbuh.
Sayang hingga saat ini pihak Yamaha masih belum mau mengungkapkan data terkait penjualan. Namun jika mengacu pada data AISI, total sepeda motor yang telah diniagakan di dalam negeri sebesar 4.8 juta unit periode Januari hingga September 2024.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
30 Agustus 2025, 13:00 WIB
21 Agustus 2025, 16:00 WIB
10 Juli 2025, 20:00 WIB
10 Juli 2025, 10:00 WIB
22 Juni 2025, 21:16 WIB
Terkini
01 Oktober 2025, 17:00 WIB
Penjualan yang kurang baik diyakini jadi alasan varian Hyundai Kona bakal dipangkas mulai tahun depan
01 Oktober 2025, 16:00 WIB
BYD memiliki kapal kargo terbaru untuk membantu distribusi mobil-mobil listrik mereka ke seluruh dunia
01 Oktober 2025, 15:00 WIB
Harga BBM Shell, BP AKR sampai Vivo mengalami kenaikan di Oktober 2025 meski stok masih sulit didapatkan
01 Oktober 2025, 14:03 WIB
Beli mobil baru di GIIAS Bandung 2025 bisa mendapatkan potongan harga untuk mengundang minat konsumen
01 Oktober 2025, 13:00 WIB
Mobil listrik Toyota bZ3X punya varian berkonfigurasi setir kanan, hadir perdana di Hong Kong dan Makau
01 Oktober 2025, 12:00 WIB
Tiket MotoGP Mandalika 2025 diklaim mulai menipis menjelang penyelenggaraan balapan kelas dunia tersebut
01 Oktober 2025, 11:00 WIB
Rangkaian program pembelian dan peluncuran produk baru, IMOS 2025 berhasil pikat ratusan ribu pengunjung
01 Oktober 2025, 10:00 WIB
Tim Pertamina Enduro VR46 bakal kembali menggunakan tampilan berbeda saat menjalani MotoGP Mandalika 2025