Yamaha Kasih Sentuhan Premium Diler Flagship di Bali
10 Mei 2025, 06:00 WIB
Model jagoan Yamaha di Indonesia mendominasi penjualan dan diyakini akan terus bertumbuh di masa mendatang
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – Penjualan Yamaha di Indonesia tentunya masih dikuasai oleh model-model matic. Hal ini sesuai dengan kondisi pasar di Tanah Air yang didominasi skutik (skuter matic).
Sekadar informasi jika berdasarkan data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), pasar kuda besi model tersebut di atas unggul 90 persen lebih jika dibandingkan jenis sport atau bebek.
Namun setiap merek memiliki model unggulan atau dalam istilah jagoan. Dalam hal ini Yamaha dikatakan mempunyai model yang lebih diterima pasar.
“Memang bukan mendominasi sekali, tapi memiliki peranan penting di Indonesia,” kata Rifki Maulana, Manager Public Relations PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) di Bulukumba, Sulawesi Selatan (19/10).
Untuk diketahui di kelas Maxi Yamaha terdapat beberapa model seperti Lexi LX 155, Aerox 155, Nmax Turbo juga Neo dan Xmax 250. Sedangkan di kategori Classy ditawarkan Yamaha Fazzio serta Grand Filano hybrid.
Yamaha Nmax Turbo merupakan model paling anyar dari YIMM. Berbagai sentuhan menarik disematkan guna menggoda masyarakat.
Bahkan unit tersebut telah menjalani sesi pengetesan dari Aceh hingga Sulawesi. Menempuh jarak ribuan kilometer, Yamaha Nmax Turbo berhasil membuktikan keandalan hingga keunggulan teknologinya.
Disebutkan jika penerimaan masyarakat di Tanah Air cukup positif. Tipe Neo disebut-sebut merupakan varian paling laris di pasaran.
“Memang sejak awal kami telah menyiapkan beberapa varian untuk masyarakat. Untuk Nmax Neo sejak awal mendapat suplai lebih banyak,” jelas Rifki.
Sedangkan pada kelas Classy didominasi oleh Yamaha Grand Filano. Sementara penerimaan Fazzio juga tidak kalah moncer.
“Selain Maxi, kategori klasik kami menjadi second pillar dalam hal penjualan. Sekarang masih Grand Filano, tapi mungkin sebentar lagi disusul (Fazzio),” ucap Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di sela-sela peluncuran varian terbaru Yamaha Fazzio Hybrid.
Menurutnya penjualan matic Yamaha di segmen Classy tercatat paling besar di wilayah Bali, Sulawesi dan Medan. Lalu untuk pasar Jakarta dan Bandung diyakini terus tumbuh.
Sayang hingga saat ini pihak Yamaha masih belum mau mengungkapkan data terkait penjualan. Namun jika mengacu pada data AISI, total sepeda motor yang telah diniagakan di dalam negeri sebesar 4.8 juta unit periode Januari hingga September 2024.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
10 Mei 2025, 06:00 WIB
08 Mei 2025, 08:00 WIB
26 Februari 2025, 08:00 WIB
16 Januari 2025, 08:00 WIB
03 Januari 2025, 20:00 WIB
Terkini
15 Mei 2025, 21:51 WIB
PHEV pertama dari PT CSI, Chery Tiggo 8 CSH resmi dijual hari ini dengan banderol mulai dari Rp 400 jutaan
15 Mei 2025, 21:00 WIB
TKDN Hyundai Kona Electric berhasil mencatatkan prestasi tersendiri karena sudah memiliki TDKN 80 persen
15 Mei 2025, 19:00 WIB
Mobil listrik perdana Honda yaitu e:N1 ditawarkan dengan skema sewa, namun angkanya disebut terlalu mahal
15 Mei 2025, 18:00 WIB
Terdapat berbagai diskon motor matic Honda yang bisa dimanfaatkan oleh para konsumen sepanjang Mei 2025
15 Mei 2025, 17:00 WIB
Neta tegaskan masih beroperasi normal di Indonesia meski sejak awal tahun belum memproduksi satu pun kendaraan
15 Mei 2025, 16:00 WIB
Kehadiran produk baru diharapkan bantu dongkrak penjualan Chery buat mencapai target 2.000 unit per bulan
15 Mei 2025, 15:00 WIB
KTM sedang menghadapi krisis finansial, 1.800 karyawan manufaktur asal Austria tersebut terancam dirumahkan
15 Mei 2025, 14:00 WIB
Harga relatif terjangkau dan ekosistem terjamin jadi alasan Toyota masih akan fokus jual mobil hybrid di RI