Daftar Diskon Vespa Matic pada Mei 2025, Sampai Rp 10 jutaan
13 Mei 2025, 13:00 WIB
Piaggio Group baru saja melakukan sebuah studi, di dalamnya menyebutkan kalau merek Vespa bernilai fantastis
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Vespa sebagai brand skuter asal Italia kembali mengejutkan publik. Kali ini bukan karena kehadiran produk baru mereka.
Melainkan produsen otomotif tersebut baru saja menerima valuasi brand yang luar biasa. Angkanya mencapai 1 miliar euro atau setara Rp18 triliun.
Hal itu didapatkan dari studi independen dikomisi Piaggio Group selaku perusahaan induk Vespa bersama konsultan bernama Interbrand.
Mengutip Visordown, penguasaan pasar yang dimiliki merek Vespa dinilai cukup mumpuni. Interbrand menggunakan metode valuasi brand.
Kemudian menggabungkan analisis keuangan dengan data kualitatif serta kuantitatif. Lalu dikumpulkan melalui riset yang sudah dilakukan di 10 pasar utama Vespa.
Seperti Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Vietnam, Thailand, Tiongkok, India bahkan sampai ke Indonesia.
"Vespa adalah merek warisan maupun simbol Italia, namun dicintai secara global. Penilaian kami tidak hanya menetapkan nilai numerik dari keberhasilan brand yang diinginkan juga diminati, tetapi turut menunjukkan bagaimana Vespa dapat menandakan kebebasan menikmati hidup jauh melampaui batas mobilitas,” ujar Manfredi Ricca, Global Chief Strategy Officer Interbrand.
Lebih jauh studi tersebut menemukan bahwa kerja sama Vespa dengan sejumlah pihak, seperti Disney Pixar, Lucasfilm dan Dior telah memperkuat jenama asal italia sebagai ikon global.
“Laporan itu menegaskan bahwa Vespa secara global dipandang lebih dari sekadar sebuah skuter,” kata juru bicara produsen otomotif Italia.
Sementara menurut Manfredi banyak orang menggunakan istilah ikonik yang tidak pada tempatnya. Akan tetapi khusus untuk merek Vespa, kata tersebut dianggap sesuai.
Dengan valuasi brand 1 miliar euro atau Rp18 triliun, membuat mereka semakin kokoh sebagai merek premium bernilai tinggi.
Hal itu tentunya menjadi angin segar bagi Piaggio Group maupun semua penggemar skutik asal negeri pizza di seluruh dunia.
Seperti diketahui sebelumnya PT Piaggio Indonesia baru saja meluncurkan Vespa Disney Mickey Mouse Edition buat konsumen di Tanah Air.
Kehadiran skutik asal Italia tersebut sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-100 perusahaan Disney, sehingga dijual secara terbatas di Indonesia.
Produk tersebut menggunakan basis dari Vespa Primavera yang mengusung mesin berkapasitas 155 cc i-get satu silinder, 4 stroke, 3 katup.
Piaggio Indonesia mengklaim kalau produknya mampu memuntahkan tenaga 12.7 hp pada 7.750 rpm dan torsi 12.8 Nm di 6.500 rpm.
Sementara buat harga Vespa Disney Mickey Mouse Edition adalah Rp60.2 jutaan OTR (On The Road) DKI Jakarta.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
13 Mei 2025, 13:00 WIB
11 Mei 2025, 06:00 WIB
14 April 2025, 09:00 WIB
05 April 2025, 11:03 WIB
20 Maret 2025, 15:00 WIB
Terkini
15 Mei 2025, 17:00 WIB
Neta tegaskan masih beroperasi normal di Indonesia meski sejak awal tahun belum memproduksi satu pun kendaraan
15 Mei 2025, 16:00 WIB
Kehadiran produk baru diharapkan bantu dongkrak penjualan Chery buat mencapai target 2.000 unit per bulan
15 Mei 2025, 15:00 WIB
KTM sedang menghadapi krisis finansial, 1.800 karyawan manufaktur asal Austria tersebut terancam dirumahkan
15 Mei 2025, 14:00 WIB
Harga relatif terjangkau dan ekosistem terjamin jadi alasan Toyota masih akan fokus jual mobil hybrid di RI
15 Mei 2025, 13:00 WIB
Toyota siap investigasi insiden Kijang Innova Zenix terbakar dan melakukan evaluasi agar tidak terulang
15 Mei 2025, 12:00 WIB
Pelumas anyar Motul 300V membuktikan kualitas performa maksimal motor melalui sesi pengujian Dyno Test
15 Mei 2025, 11:00 WIB
Jumlah produksi mobil April 2025 mengalami penurunan tajam hingga Mitsubishi berhasil raih posisi kedua
15 Mei 2025, 09:00 WIB
Meski tak mengekspor kendaraan ke AS, Toyota sebut tarif impor AS-Cina tetap berdampak ke industri otomotif RI