Promo Vespa Juni 2025, Bonus Aksesoris Senilai Rp 3,5 Juta
04 Juni 2025, 10:00 WIB
Piaggio Group baru saja melakukan sebuah studi, di dalamnya menyebutkan kalau merek Vespa bernilai fantastis
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Vespa sebagai brand skuter asal Italia kembali mengejutkan publik. Kali ini bukan karena kehadiran produk baru mereka.
Melainkan produsen otomotif tersebut baru saja menerima valuasi brand yang luar biasa. Angkanya mencapai 1 miliar euro atau setara Rp18 triliun.
Hal itu didapatkan dari studi independen dikomisi Piaggio Group selaku perusahaan induk Vespa bersama konsultan bernama Interbrand.
Mengutip Visordown, penguasaan pasar yang dimiliki merek Vespa dinilai cukup mumpuni. Interbrand menggunakan metode valuasi brand.
Kemudian menggabungkan analisis keuangan dengan data kualitatif serta kuantitatif. Lalu dikumpulkan melalui riset yang sudah dilakukan di 10 pasar utama Vespa.
Seperti Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Vietnam, Thailand, Tiongkok, India bahkan sampai ke Indonesia.
"Vespa adalah merek warisan maupun simbol Italia, namun dicintai secara global. Penilaian kami tidak hanya menetapkan nilai numerik dari keberhasilan brand yang diinginkan juga diminati, tetapi turut menunjukkan bagaimana Vespa dapat menandakan kebebasan menikmati hidup jauh melampaui batas mobilitas,” ujar Manfredi Ricca, Global Chief Strategy Officer Interbrand.
Lebih jauh studi tersebut menemukan bahwa kerja sama Vespa dengan sejumlah pihak, seperti Disney Pixar, Lucasfilm dan Dior telah memperkuat jenama asal italia sebagai ikon global.
“Laporan itu menegaskan bahwa Vespa secara global dipandang lebih dari sekadar sebuah skuter,” kata juru bicara produsen otomotif Italia.
Sementara menurut Manfredi banyak orang menggunakan istilah ikonik yang tidak pada tempatnya. Akan tetapi khusus untuk merek Vespa, kata tersebut dianggap sesuai.
Dengan valuasi brand 1 miliar euro atau Rp18 triliun, membuat mereka semakin kokoh sebagai merek premium bernilai tinggi.
Hal itu tentunya menjadi angin segar bagi Piaggio Group maupun semua penggemar skutik asal negeri pizza di seluruh dunia.
Seperti diketahui sebelumnya PT Piaggio Indonesia baru saja meluncurkan Vespa Disney Mickey Mouse Edition buat konsumen di Tanah Air.
Kehadiran skutik asal Italia tersebut sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-100 perusahaan Disney, sehingga dijual secara terbatas di Indonesia.
Produk tersebut menggunakan basis dari Vespa Primavera yang mengusung mesin berkapasitas 155 cc i-get satu silinder, 4 stroke, 3 katup.
Piaggio Indonesia mengklaim kalau produknya mampu memuntahkan tenaga 12.7 hp pada 7.750 rpm dan torsi 12.8 Nm di 6.500 rpm.
Sementara buat harga Vespa Disney Mickey Mouse Edition adalah Rp60.2 jutaan OTR (On The Road) DKI Jakarta.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
04 Juni 2025, 10:00 WIB
03 Juni 2025, 22:30 WIB
13 Mei 2025, 13:00 WIB
11 Mei 2025, 06:00 WIB
14 April 2025, 09:00 WIB
Terkini
03 Juli 2025, 22:00 WIB
Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya
03 Juli 2025, 20:00 WIB
Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD
03 Juli 2025, 19:00 WIB
Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang
03 Juli 2025, 18:00 WIB
Penjualan BYD Group di Juni 2025 berhasil lampaui wholesales mobil Indonesia periode Januari sampai Mei 2025
03 Juli 2025, 17:00 WIB
Peneliti ungkap masih ada produsen EV roda dua yang enggan menguji keamanan baterai dengan alasan biaya mahal
03 Juli 2025, 16:00 WIB
Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL
03 Juli 2025, 15:00 WIB
BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025