Vespa LX Kini Pakai Mesin i-Get 150 Cc, Harga Naik Tipis
10 September 2025, 09:00 WIB
Piaggio Group baru saja melakukan sebuah studi, di dalamnya menyebutkan kalau merek Vespa bernilai fantastis
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Vespa sebagai brand skuter asal Italia kembali mengejutkan publik. Kali ini bukan karena kehadiran produk baru mereka.
Melainkan produsen otomotif tersebut baru saja menerima valuasi brand yang luar biasa. Angkanya mencapai 1 miliar euro atau setara Rp18 triliun.
Hal itu didapatkan dari studi independen dikomisi Piaggio Group selaku perusahaan induk Vespa bersama konsultan bernama Interbrand.
Mengutip Visordown, penguasaan pasar yang dimiliki merek Vespa dinilai cukup mumpuni. Interbrand menggunakan metode valuasi brand.
Kemudian menggabungkan analisis keuangan dengan data kualitatif serta kuantitatif. Lalu dikumpulkan melalui riset yang sudah dilakukan di 10 pasar utama Vespa.
Seperti Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Vietnam, Thailand, Tiongkok, India bahkan sampai ke Indonesia.
"Vespa adalah merek warisan maupun simbol Italia, namun dicintai secara global. Penilaian kami tidak hanya menetapkan nilai numerik dari keberhasilan brand yang diinginkan juga diminati, tetapi turut menunjukkan bagaimana Vespa dapat menandakan kebebasan menikmati hidup jauh melampaui batas mobilitas,” ujar Manfredi Ricca, Global Chief Strategy Officer Interbrand.
Lebih jauh studi tersebut menemukan bahwa kerja sama Vespa dengan sejumlah pihak, seperti Disney Pixar, Lucasfilm dan Dior telah memperkuat jenama asal italia sebagai ikon global.
“Laporan itu menegaskan bahwa Vespa secara global dipandang lebih dari sekadar sebuah skuter,” kata juru bicara produsen otomotif Italia.
Sementara menurut Manfredi banyak orang menggunakan istilah ikonik yang tidak pada tempatnya. Akan tetapi khusus untuk merek Vespa, kata tersebut dianggap sesuai.
Dengan valuasi brand 1 miliar euro atau Rp18 triliun, membuat mereka semakin kokoh sebagai merek premium bernilai tinggi.
Hal itu tentunya menjadi angin segar bagi Piaggio Group maupun semua penggemar skutik asal negeri pizza di seluruh dunia.
Seperti diketahui sebelumnya PT Piaggio Indonesia baru saja meluncurkan Vespa Disney Mickey Mouse Edition buat konsumen di Tanah Air.
Kehadiran skutik asal Italia tersebut sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-100 perusahaan Disney, sehingga dijual secara terbatas di Indonesia.
Produk tersebut menggunakan basis dari Vespa Primavera yang mengusung mesin berkapasitas 155 cc i-get satu silinder, 4 stroke, 3 katup.
Piaggio Indonesia mengklaim kalau produknya mampu memuntahkan tenaga 12.7 hp pada 7.750 rpm dan torsi 12.8 Nm di 6.500 rpm.
Sementara buat harga Vespa Disney Mickey Mouse Edition adalah Rp60.2 jutaan OTR (On The Road) DKI Jakarta.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
10 September 2025, 09:00 WIB
03 September 2025, 19:00 WIB
28 Agustus 2025, 17:02 WIB
21 Agustus 2025, 08:00 WIB
06 Juli 2025, 15:00 WIB
Terkini
02 Oktober 2025, 20:02 WIB
SIS masih membuka kemungkinan Suzuki Satria terbaru bakal diluncurkan untuk para konsumen di Indonesia
02 Oktober 2025, 19:00 WIB
Francesco Bagnaia buka suara soal asap tebal yang muncul dari motornya jelang akhir balapan di Jepang
02 Oktober 2025, 18:00 WIB
Honda Cimahi mengaku pelanggan mobil kini makin kritis sehingga pelayanan purna jual terus ditingkatkan
02 Oktober 2025, 17:00 WIB
Cairan dengan larutan urea bernama AdBlue merupakan salah satu inovasi buat kurangi emisi kendaraan diesel
02 Oktober 2025, 16:00 WIB
Bagi Fermin Aldeguer nomor 54 terasa sangat spesial, sehingga Toprak Razgatlioglu harus mencari yang lain
02 Oktober 2025, 15:00 WIB
Pengendara Yamaha Nmax yang viral menyetop sebuah bus di tikungan Ciwidey, Bandung merupakan anggota BMC
02 Oktober 2025, 14:00 WIB
Jetour X20e bakal meluncur dalam waktu dekat dan digadang jadi rival baru Wuling Air ev, segini NJKB-nya
02 Oktober 2025, 13:30 WIB
Tingginya sumber daya dan jumlah penduduk jadi daya tarik bagi pabrikan mobil listrik Cina untuk berinvestasi