Ambisi Honda Kembangkan EV Meredup, Fokus ke Mobil Hybrid
18 Agustus 2025, 17:00 WIB
Honda mengurangi target penjualan dan investasi mobil listrik imbas penurunan yang terjadi di pasar global
Mobil jenis SUV semakin dilirik konsumen dan khususnya perempuan yang ingin tampil lebih berani dan tangguh
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – Mobil Jenis SUV (Sport Utility Vehicle) belakangan semakin diminati konsumen. Berbekal keunggulannya, dikatakan SUV semakin dilirik konsumen perempuan.
Indonesia dikenal memiliki pasar yang unik dan tidak diragukan lagi peluangnya untuk terus berkembang. Lalu tidak kalah menarik adalah karakter konsumen di Tanah Air nan komunal, membuat kendaraan dengan kapasitas penumpang lebih banyak mendapat respon positif.
Pasar mobil di segmen Low MPV (Multi Purpose Vehicle) mendapat porsi paling banyak di Indonesia. Lalu juga terus mendapat perhatian di Tanah Air adalah SUV.
Lebih jauh kendaraan jenis SUV belakangan memiliki beberapa pilihan menarik. Beberapa produsen menghadirkan ragam model terbaru dari SUV baik 5-seater maupun 7-seater.
Sebut saja diluncurkannya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, all new Honda BR-V juga all new HR-V juga Hyundai Creta. Masing-masing ditawarkan dengan keunggulan masing-masing untuk menggoda calon konsumen.
“SUV memiliki ground clearance lebih tinggi, sehingga pengguna bisa melihat situasi di jalan lebih luas. Hal itu menjadi salah satu pertimbangan mengapa orang semakin tertarik untuk memilih SUV,” tulis Yannes Martinus Pasaribu, Pengamat Otomotif dan Akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada TrenOto (15/07).
Menurutnya SUV memiliki karakter visual yang lebih kokoh, kekar dan powerful. Hal inilah kemudian memberikan rasa aman bagi penggunanya, terutama pada situasi jalan kota nan semakin semerawut.
Baca juga : 5 Fakta Menarik Pasar SUV Semakin Seksi di Indonesia
Seperti disebutkan di atas, SUV ditawarkan dalam berbagai pilihan model. Salah satu perbedaan yang paling kentara adalah konfigurasi kursi 5 penumpang atau 7 penumpang.
SUV 5 penumpang belakangan semakin dilirik oleh konsumen karena dianggap lebih praktis. Kendaraan jenis ini juga banyak menyasar generasi milenial.
“Saat ini banyak milenial meningkat daya belinya. Sebagai informasi, generasi milenial memiliki cara pandang kendaraan yang cukup dapat membawa keluarga inti saja (ayah, ibu dan 2 anak),” ucapnya kemudian.
Kondisi tersebut berbeda dengan generasi sebelumnya yakni Baby Boomers yang lebih mementingkan kendaraan untuk membawa keluarga besar.
“Lalu hal menarik saat ini adalah tren peningkatan pertumbuhan pembelian SUV oleh kaum perempuan. Riset Naritz LLc – USA menunjukkan bahwa 2016 – 2020 tren pembelian oleh perempuan meningkat sampai 35 persen, sementara laki-laki 21 persen saja,” turutnya kemudian.
Lebih jauh disampaikan bahwa SUV dengan sasis lebih kuat dan sosok kendaraan lebih kuat. Membuat tren mobil tangguh merupakan konsumsi lifestyle nan menggoda, bahkan untuk penggunaan dalam kota sekalipun.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
Terkini
18 Agustus 2025, 17:00 WIB
Honda mengurangi target penjualan dan investasi mobil listrik imbas penurunan yang terjadi di pasar global
18 Agustus 2025, 15:00 WIB
Penjualan kendaraan listrik global Januari hingga Juli 2025 berhasil tumbuh dengan Cina sebagai tulang punggung
18 Agustus 2025, 13:08 WIB
Marc Marquez unggul jauh dari para rivalnya setelah mengemas 418 poin di klasemen sementara MotoGP 2025
18 Agustus 2025, 11:00 WIB
Mencuci helm premium ternyata tidak bisa sembarangan, terdapat beberapa perlakuan yang harus diperhatikan
18 Agustus 2025, 09:01 WIB
Wheelie Fun Bike ciptakan sepeda listrik dengan fungsi unik
18 Agustus 2025, 09:00 WIB
Harga mobil hybrid per Agustus 2025 relatif stabil, ada beberapa pendatang baru yang melantai di GIIAS 2025
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
Penjualan Daihatsu Juli 2025 mengalami kenaikan hingga buat perusahaan jadi yang terlaris kedua di Indonesia
17 Agustus 2025, 20:00 WIB
Marc Marquez catatkan kemenangan ke-1.000 di Sirkuit Red Bull Ring, berikut hasil MotoGP Austria 2025