Siasat Chery Hilangkan Stigma PHEV Mahal di Kalangan Konsumen

Chery ingin melakukan re-branding PHEV di Indonesia, hilangkan karakter harga mahal melalui penamaan CSH

Siasat Chery Hilangkan Stigma PHEV Mahal di Kalangan Konsumen

KatadataOTO – PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) merupakan salah satu teknologi hybrid yang memungkinkan mobil diisi bensin serta di-charge seperti mobil listrik berbasis baterai.

Dibandingkan hybrid konvensional, PHEV memiliki baterai berkapasitas lebih besar sehingga dapat menjadi sumber tenaga pengganti mesin bakar.

Di China, teknologi satu ini bahkan disebut lebih populer dibandingkan EV (Electric Vehicle). Lebih fleksibel, karena pemilik tidak harus mengandalkan infrastruktur seperti SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Pengisian daya baterai bisa dibilang opsional, karena masih ada mesin bensin buat menunjang perjalanan.

Chery Tiggo 8 CSH
Photo : KatadataOTO

Namun, harga PHEV memang terbilang jauh lebih mahal. Di Indonesia model mobil jenis ini sangat terbatas, lalu ditawarkan Rp 1 miliar ke atas.

Sebut saja Mazda CX-80 PHEV, lalu SUV (Sport Utility Vehicle) kompak Toyota RAV4 GR Sport PHEV.

Chery sebagai merek Tiongkok yang ingin bermain di segmen hybrid mengaku ada tantangan karena karakter ‘harga mahal’ masih melekat pada PHEV.

Oleh karena itu salah satu siasat dilakukan adalah penggunaan nama CSH (Chery Super Hybrid) buat lini terbaru mereka, Chery Tiggo 8 PHEV.

Dipasarkan pakai nama Tiggo 8 CSH, pihak Chery bahkan memastikan banderol model tersebut bakal kompetitif dan jadi gebrakan baru. Besar peluang dijual di bawah Rp 1 miliar.

“Memang kita di Indonesia itu khususnya, mau mempopulerkan pemakaian PHEV. Sebenarnya PHEV kan satu tingkat di atas hybrid,” kata Budi Darmawan, Sales Director PT CSI di Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Nama CSH diharapkan dapat dilihat menjadi suatu hal baru dan menarik buat konsumen dan tidak lagi menguatkan stigma bahwa banderol PHEV mahal dan berada di luar jangkauan konsumen.

“Selama ini konsumen tahunya PHEV. Nah kita tentu punya branding sendiri, kita sebut dengan Chery Super Hybrid,” kata Budi.

First Drive Chery Tiggo 8 CSH
Photo : KatadataOTO

Dia mengungkapkan banyak konsumen yang merasa bahwa PHEV dijual dua kali lebih mahal dibandingkan versi mesin bensin.

“Kalalu bicara PHEV, (konsumen bilang) kok mobil yang normalnya Rp 500 jutaan, ke PHEV menjadi Rp 1 miliar lebih. Ini kita coba breakthrough nanti,” kata Budi.

Meskipun belum diungkap secara rinci, Chery Tiggo 8 CSH berpotensi hadir dalam waktu dekat. Tiggo 8 CSH diproduksi lokal, sehingga harganya dipastikan bersaing.


Terkini

news
Ganjil genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 23 April 2025, Diawasi Oleh Kamera ETLE

Ganjil genap Jakarta hari ini akan dilangsungkan secara ketat dengan pengawasan dilakukan oleh kamera ETLE

news
Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini 23 April, Jangan Salah Jadwal

Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Ini, Jangan Salah Jadwal

Kepolisian kembali menghadirkan SIM Keliling Bandung hari ini, masyarakat bisa menemukannya di dua tempat

news
Lokasi SIM Keliling Jakarta Hari Ini

Cek Biaya dan 5 Lokasi SIM Keliling Jakarta Hari Ini 23 April

SIM keliling Jakarta tersebar di lima lokasi strategis di Jakarta, berikut kami rangkum informasi lengkapnya

mobil
LG Batal Investasi, Buka Peluang Indonesia Gandeng Negara Lain

LG Batal Investasi, Buka Peluang Indonesia Gandeng Negara Lain

Menurut Erick Thohir kepergian konsorsium Korea Selatan yang dipimpin LG tidak bakal berdampak banyak

mobil
Menanti Hyundai Bawa Mobil Hidrogen ke RI, Mulai Siapkan Ekosistem

Menanti Hyundai Bawa Mobil Hidrogen ke RI, Mulai Bangun Ekosistem

Hyundai Motor Group menggandeng PT Pertamina dan kementerian terkait buat kembangkan ekosistem hidrogen

mobil
Nasib Nissan Livina di Indonesia Terkini, Masih Punya Peminat

Nasib Nissan Livina di Indonesia Terkini, Diklaim Masih Diminati

NMDI mengungkapkan nasib dari Nissan Livina di pasar Indonesia, mobil ini diklaim masih diminati masyarakat

news
PEVS 2025

Daftar Peserta PEVS 2025, Banyak Brand Asing

Ajang PEVS 2025 sudah siap untuk digelar pekan depan, tercatat akan diramaikan hingga ratusan peserta

mobil
Xpeng X9

Xpeng Targetkan 50 Persen Penjualan Berasal Dari Pasar Internasional

Xpeng targetkan 50 persen penjualan kendaraan mereka berasal dari pasar internasional termasuk Indonesia