Kata Daihatsu soal Rencana Kenaikan PPN 12 Persen Tahun Depan
19 November 2024, 11:30 WIB
Penjualan Daihatsu Februari 2024 dikatakan mengalami kenaikan market share dibandingkan tahun sebelumnya
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meraih hasil memuaskan dalam hal penjualan produk-produk andalannya di Tanah Air. Hal tersebut membuatnya semakin kokoh menempati posisi kedua produsen mobil terlaris di Indonesia.
Disebutkan dalam siaran resminya bahwa pada periode Januari sampai Februari 2024, Retail Sales Daihatsu mencapai 31.795 unit. Market Share merek asal negeri Sakura juga mengalami peningkatan dari 19 persen menjadi 21 persen.
Namun dibalik mulusnya angka-angka di atas sejatinya penjualan Daihatsu Februari mengalami penurunan. Jika Januari tahun ini tercatat 16.976 unit, maka penjualan Daihatsu Februari 2024 sebesar 14.819 kendaraan saja.
Artinya terdapat koreksi penjualan sebanyak 2 ribuan unit dibandingkan bulan sebelumnya.
Kondisi tersebut tidak mengherankan karena belum lama diselenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu). Sehingga beberapa pihak memilih untuk menunda pembelian.
Adapun beberapa pihak termasuk ADM sudah memprediksi pasar mobil Tanah Air akan terimbas adanya pemilu. Terkhusus di segmen entry level dan mengandalkan pembelian secara kredit.
“Market kemarin sampai Februari turun 15 persen dibandingkan Year to Date (YTD) tahun lalu. Harapannya setelah pemilu berjalan baik dengan skenario yang masih sama,” kata Sri Agung Handayani, Corporate Planning and Communication Director ADM di Jakarta beberapa waktu lalu.
Tidak hanya pemilu nan memengaruhi kondisi pasar otomotif di Tanah Air mengalami penurunan hingga 15 persen di awal tahun. Adanya pengetatan kredit juga berpengaruh tidak terkecuali Daihatsu.
“Karena Daihatsu itu kebanyakan konsumennya first buyer. Nah mereka itu kebanyakan cari affordable, DP rendah, tenor paling panjang, bunga paling murah, padahal itu semua ada risikonya,” jelas dia kemudian.
Lebih jauh dikatakan bahwa pihak ADM ikut membantu menyehatkan dari sisi konsumen. Hal ini guna menekan kenaikan NPL (Non Performing Loan) yang bisa berimbas pada stabilitas pasar.
Penjualan Daihatsu Februari 2024 (3 terlaris)
Adapun secara Market Share dua dari tiga andalan Daihatsu diklaim mengalami kenaikan.
“LCGC itu 21.4 persen sampai Februari dari 19.3 persen YTD. SUV Medium pasarnya 18 persen tadinya hanya 15,5 persen,” tutur Agung.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
19 November 2024, 11:30 WIB
16 November 2024, 13:00 WIB
14 November 2024, 16:15 WIB
11 November 2024, 09:00 WIB
09 November 2024, 19:00 WIB
Terkini
21 November 2024, 22:30 WIB
Kepolisian siapkan 59 kendaraan listrik untuk memenuhi beragam kebutuhan penugasan anggota di lapangan
21 November 2024, 22:00 WIB
Harga Aion V yang meluncur di GJAW 2024 diperkirakan mencapai Rp 500 jutaan dan sudah bisa dipesan dari sekarang
21 November 2024, 21:00 WIB
Perputaran uang judi online mencapai Rp 900 triliun, cukup untuk membeli Hyundai Tucson Hybrid secara tunai
21 November 2024, 20:00 WIB
Kebijakan opsen PKB serta PPN 12 persen yang bakal diterapkan awal 2025 diprediksi memberatkan industri motor
21 November 2024, 19:00 WIB
Indomobil Group baru saja menjalin kerja sama untuk menyediakan berbagai mobil listrik bagi PLN Icon Plus
21 November 2024, 18:00 WIB
Federal Oil menyambut kedatangan pembalap baru di tim Gresini Racing untuk beraksi di musim balap MotoGP 2025
21 November 2024, 17:00 WIB
Begini tampilan mobil konsep Toyota bZ7 yang debut di China, penggerak sampai baterainya disuplai oleh BYD
21 November 2024, 16:00 WIB
Jadi sasaran sejumlah manufaktur otomotif China, Neta mengungkapkan mengapa area Pluit terbilang potensial