5 Mobil LCGC Terlaris di April 2025, Sigra Unggul Jauh dari Brio
15 Mei 2025, 08:00 WIB
Penjualan Daihatsu Februari 2024 dikatakan mengalami kenaikan market share dibandingkan tahun sebelumnya
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meraih hasil memuaskan dalam hal penjualan produk-produk andalannya di Tanah Air. Hal tersebut membuatnya semakin kokoh menempati posisi kedua produsen mobil terlaris di Indonesia.
Disebutkan dalam siaran resminya bahwa pada periode Januari sampai Februari 2024, Retail Sales Daihatsu mencapai 31.795 unit. Market Share merek asal negeri Sakura juga mengalami peningkatan dari 19 persen menjadi 21 persen.
Namun dibalik mulusnya angka-angka di atas sejatinya penjualan Daihatsu Februari mengalami penurunan. Jika Januari tahun ini tercatat 16.976 unit, maka penjualan Daihatsu Februari 2024 sebesar 14.819 kendaraan saja.
Artinya terdapat koreksi penjualan sebanyak 2 ribuan unit dibandingkan bulan sebelumnya.
Kondisi tersebut tidak mengherankan karena belum lama diselenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu). Sehingga beberapa pihak memilih untuk menunda pembelian.
Adapun beberapa pihak termasuk ADM sudah memprediksi pasar mobil Tanah Air akan terimbas adanya pemilu. Terkhusus di segmen entry level dan mengandalkan pembelian secara kredit.
“Market kemarin sampai Februari turun 15 persen dibandingkan Year to Date (YTD) tahun lalu. Harapannya setelah pemilu berjalan baik dengan skenario yang masih sama,” kata Sri Agung Handayani, Corporate Planning and Communication Director ADM di Jakarta beberapa waktu lalu.
Tidak hanya pemilu nan memengaruhi kondisi pasar otomotif di Tanah Air mengalami penurunan hingga 15 persen di awal tahun. Adanya pengetatan kredit juga berpengaruh tidak terkecuali Daihatsu.
“Karena Daihatsu itu kebanyakan konsumennya first buyer. Nah mereka itu kebanyakan cari affordable, DP rendah, tenor paling panjang, bunga paling murah, padahal itu semua ada risikonya,” jelas dia kemudian.
Lebih jauh dikatakan bahwa pihak ADM ikut membantu menyehatkan dari sisi konsumen. Hal ini guna menekan kenaikan NPL (Non Performing Loan) yang bisa berimbas pada stabilitas pasar.
Penjualan Daihatsu Februari 2024 (3 terlaris)
Adapun secara Market Share dua dari tiga andalan Daihatsu diklaim mengalami kenaikan.
“LCGC itu 21.4 persen sampai Februari dari 19.3 persen YTD. SUV Medium pasarnya 18 persen tadinya hanya 15,5 persen,” tutur Agung.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
15 Mei 2025, 08:00 WIB
14 Mei 2025, 09:00 WIB
10 Mei 2025, 14:00 WIB
05 Mei 2025, 17:13 WIB
24 April 2025, 08:00 WIB
Terkini
18 Mei 2025, 07:06 WIB
Mitsubishi Xpander bekas lansiran 2022 bisa menjadi pilihan menarik untuk masyarakat karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 14:58 WIB
Touring perayaan satu dekade Nmax dan JMC diinisiasi Yamaha, libatkan berbagai generasi motor Nmax dan Xmax
17 Mei 2025, 13:00 WIB
Damri siapkan 200 bus listrik baru sebagai armada TransJakarta yang jadi andalan mobilitas warga Ibu Kota
17 Mei 2025, 11:00 WIB
Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 09:00 WIB
Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI
17 Mei 2025, 07:15 WIB
Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya