Daihatsu Rocky Hybrid Mulai Jangkau Konsumen Anak Muda
29 September 2025, 11:00 WIB
Penjualan Daihatsu Februari 2024 dikatakan mengalami kenaikan market share dibandingkan tahun sebelumnya
Oleh Denny Basudewa
KatadataOTO – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meraih hasil memuaskan dalam hal penjualan produk-produk andalannya di Tanah Air. Hal tersebut membuatnya semakin kokoh menempati posisi kedua produsen mobil terlaris di Indonesia.
Disebutkan dalam siaran resminya bahwa pada periode Januari sampai Februari 2024, Retail Sales Daihatsu mencapai 31.795 unit. Market Share merek asal negeri Sakura juga mengalami peningkatan dari 19 persen menjadi 21 persen.
Namun dibalik mulusnya angka-angka di atas sejatinya penjualan Daihatsu Februari mengalami penurunan. Jika Januari tahun ini tercatat 16.976 unit, maka penjualan Daihatsu Februari 2024 sebesar 14.819 kendaraan saja.
Artinya terdapat koreksi penjualan sebanyak 2 ribuan unit dibandingkan bulan sebelumnya.
Kondisi tersebut tidak mengherankan karena belum lama diselenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu). Sehingga beberapa pihak memilih untuk menunda pembelian.
Adapun beberapa pihak termasuk ADM sudah memprediksi pasar mobil Tanah Air akan terimbas adanya pemilu. Terkhusus di segmen entry level dan mengandalkan pembelian secara kredit.
“Market kemarin sampai Februari turun 15 persen dibandingkan Year to Date (YTD) tahun lalu. Harapannya setelah pemilu berjalan baik dengan skenario yang masih sama,” kata Sri Agung Handayani, Corporate Planning and Communication Director ADM di Jakarta beberapa waktu lalu.
Tidak hanya pemilu nan memengaruhi kondisi pasar otomotif di Tanah Air mengalami penurunan hingga 15 persen di awal tahun. Adanya pengetatan kredit juga berpengaruh tidak terkecuali Daihatsu.
“Karena Daihatsu itu kebanyakan konsumennya first buyer. Nah mereka itu kebanyakan cari affordable, DP rendah, tenor paling panjang, bunga paling murah, padahal itu semua ada risikonya,” jelas dia kemudian.
Lebih jauh dikatakan bahwa pihak ADM ikut membantu menyehatkan dari sisi konsumen. Hal ini guna menekan kenaikan NPL (Non Performing Loan) yang bisa berimbas pada stabilitas pasar.
Penjualan Daihatsu Februari 2024 (3 terlaris)
Adapun secara Market Share dua dari tiga andalan Daihatsu diklaim mengalami kenaikan.
“LCGC itu 21.4 persen sampai Februari dari 19.3 persen YTD. SUV Medium pasarnya 18 persen tadinya hanya 15,5 persen,” tutur Agung.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
29 September 2025, 11:00 WIB
26 September 2025, 18:00 WIB
25 September 2025, 15:14 WIB
20 September 2025, 16:00 WIB
17 September 2025, 15:05 WIB
Terkini
01 Oktober 2025, 22:00 WIB
Misi besar Marc Marquez dalam mematahkan kutukan ketika berlaga di MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti
01 Oktober 2025, 21:30 WIB
Ratusan teknisi adu mekanik di Chery Technician Skill Contest 2025 yang diselenggaran untuk tingkatkan kualitas
01 Oktober 2025, 21:00 WIB
Asisten Darurat hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna kendaraan yang tengah road trip
01 Oktober 2025, 20:00 WIB
Pembasmian kendaraan ODOL butuh proses, pemerintah bersama pemangku jalin kerja sama memperketat pengawasan
01 Oktober 2025, 19:13 WIB
Pameran modifikasi IMX 2025 menghadirkan berbagai pilihan produk modifikasi dan juga supergiveaway mobil
01 Oktober 2025, 18:00 WIB
Alex Marquez bersama Fermin Aldeguer menyapa para penggemar di Jakarta jelang gelaran MotoGP Mandalika 2025
01 Oktober 2025, 17:00 WIB
Penjualan yang kurang baik diyakini jadi alasan varian Hyundai Kona bakal dipangkas mulai tahun depan
01 Oktober 2025, 16:00 WIB
BYD memiliki kapal kargo terbaru untuk membantu distribusi mobil-mobil listrik mereka ke seluruh dunia